Sambut  Lebaran,  Polres Batu Gelar Latpra Ops Kepolisian Terpusat

28 May 2019 - 00:40 WIB
Para personil Polres Batu kala mengikuti Latpra Ops Kepolisian Terpusat Ketupat Semeru 2019.

BATU (SurabayaPost.id)  – Polres Batu gelar Latihan Pra Operasi (Latpra Ops) Kepolisian Terpusat Ketupat Semeru 2019 di Hotel Senyum Jatim Park 3, Kota Batu, Senin (27/ 5/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Giat yang digagas Polres Batu itu  dihadiri Wakapolres Batu Kompol Zein Mawardi. Dia mewakili Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto.

Sedangkan Latpra Ops tersebut dihadiri pula Pejabat Utama Polres Batu. Bahkan diikuti seluruh Perwira Polres Batu serta personil yang ditugaskan dalam operasi rutin tahunan tersebut.

Kapolres Batu dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Wakapolres Batu Kompol Zein Mawardi, menyampaikan bahwa berbagai masalah sering muncul dan terjadi berulang-ulang. Baik itu  sebelum, saat maupun setelah Hari Raya Idul Fitri.

Masalah tersebut dicontohkan  antara lain kemacetan, kecelakaan lalu lintas dan pencurian.  “Kasus itu selalu terjadi,” kata Budi Hermanto yang disampaikan Zein Mawardi.

Untuk mengantisipasi potensi gangguan tersebut, Polres Batu melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Semeru 2019. “Demi memaksimalkan pelaksanaan operasi tersebut, perlu dilakukan latihan. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para personil yang ditugaskan dalam Operasi Ketupat ini,” tandasnya.

Dengan demikian, papar dia,  tercipta pola tindak atau cara bertindak teknis dan taktis. Sehingga  penanganan yang dilakukan kepolisian bisa memperoleh hasil yang maksimal.

“Latihan ini jangan hanya dijadikan kegiatan formalitas semata. Namun, harus  bisa menjadi cerminan dari pelaksanaan operasi yang sebenarnya,” tegasnya.

Makanya, tegas dia, dalam  melaksanakan tugas operasi harus profesional dan proporsional serta bisa menampilkan pola pendekatan tegas tanpa meniadakan pendekatan humanis. Sehingga dalam melaksanakan tetap menjunjung tinggi HAM dan supremasi hukum.

Sekadar diketahui, menurut dia, Latpra Ops ini diisi dengan pemaparan materi. Itu antara lain diberikan Kabag Ops, Kasubsatgas Lidik (Intel), Kasatgas Turbinjali, Kasatgas Kamseltibcar Lantas, Kasubsatgas Binmas, Kasubsatgas Sidik (Reskrim), Kasubsatgas Sabhara, Kasatgas Ban Ops. “Jadi menunya komplit,” pungkasnya. (gus)