TASAKU, Tabungan Termudah dan  Saldo Awal Bisa Rp 100

3 August 2019 - 19:51 WIB
Aji Saputra (kiri), Bernard Erwin Karamoy dan Via saat menunjukkan program aplikasi TASAKU di Malang, Sabtu (3/8/2019).
Aji Saputra (kiri), Bernard Erwin Karamoy dan Via saat menunjukkan program aplikasi TASAKU di Malang, Sabtu (3/8/2019).

MALANG  (SurabayaPost.id) – Perkembangan dan pertumbuhan  Tabungan Sampoerna Alfa-ku (TASAKU) cukup pesat. Sebab, produk dari Bank Sampoerna ini diklaim sebagai yang termudah dan saldo awal terendah  karena berapa rupiah pun bisa.

Hal itu diakui Branch Manager Bank Sampoerna Malang, Bernard Erwin Karamoy saat konferensi pers di Warung Mbok Dower, Malang, Jawa Timur, Sabtu (3/8/2019).  Menurut dia, banyak keunggulan yang dimiliki TASAKU dibandingkan tabungan lainnya.

“Untuk buka tabungan program TASAKU sangat mudah. Saldo awal sangat rendah. Dengan uang Rp 100 pun bisa buka tabungan TASAKU. Itu terendah dibanding bank lain saya kira,” kata Bernard Erwin Karamoy yang diamini Project Manager TASAKU, Aji Saputra.

Dijelaskan dia bahwa untuk menjadi nasabah TASAKU cukup datang ke gerai Alfamart dan Alfamidi yang bertanda stiker Agen SAKU. Selain itu transaksi TASAKU dapat dilakukan hingga jam 9 malam, termasuk pada hari Sabtu/ Minggu dan hari libur.

Nasabah TASAKU saat melakukan aplikasi dengan modal awal Rp 1000.

TASAKU, kata dia, juga bebas biaya administrasi bulanan, tanpa minimum saldo serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). “Nabung berapa pun bisa,” kata dia.

Demi mendukung kenyamanan, terang dia, selain melalui Alfamart dan Alfamidi, nasabah TASAKU juga bisa melakukan transaksi melalui smartphone. Sebab TASAKU dapat diakses lewat aplikasi BSS Mobilebyang memiliki berbagai fitur menarik.

“Nasabah TASAKU bebas melakukan transaksi keuangan kapanpun dan dimanapun. Tidak ada biaya untuk transfer dana antar pengguna TASAKU ataupun ke rekening nasabah di Bank Sampoerna. Transfer juga dapat dilakukan ke bank manapun dengan biaya transfer yang lebih murah dibandingkan dengan biaya yang dikenakan sebagian besar bank lain di Indonesia,” kata dia.

Semua kemudahan itu, kata Bernard Erwin Karamoy, untuk memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat. Terutama bagi mereka yang selama ini belum mengenal atau tidak memiliki waktu untuk bertransaksi di bank.

Aji Saputra (kiri), Bernard Erwin Karamoy dan Via saat memberikan keterangan pers terkait pertumbuhan TASAKU

Itu mengingat,  kata pria kelahiran Semarang ini, TASAKU untuk mendukung program LAKU PANDAI dari OJK  (Otoritas Jasa Keuangan). Sehingga, layanan yang diberikan untuk nasabah TASAKU serba mudah.

Berkat kemudahan yang diberikan  itu, kata pria yang akrab disapa Bernard ini, pertumbuhan dan perkembangan TASAKU terus melejit.  Kini memiliki sekitar 30 ribu lebih nasabah yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

“Khusus Malang saja ada 6000 nasabah. Mereka bisa mengakses di 50 Alfamart dan 10 Alfamidi,” jelas lelaki berdarah Manado ini.

Menurut dia, pertumbuhan TASAKU sekitar 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Total dana yang terhimpun mencapai Rp 6,5 miliar lebih.

Karena itu, kata dia, TASAKU yang diluncurkan di Surabaya pada Oktober 2016 lalu akan segera go nasional. Sehingga, jangkauan layanannya semakin luas.

“Semoga go nasional itu sudah bisa launching Oktober 2019 ini. Sehingga bisa melayani masyarakat di seluruh tanah air Indonesia,” pungkasnya.  

Dijelaskan dia bila perluasan layanan TASAKU secara nasional itu akan dilakukan melalui kerja sama mitra strategis Bank Sampoerna dengan KSP Sahabat Mitra Sejati (Sahabat UKM). Dengan begitu TASAKU bisa dilayani di cabang-cabang Sahabat UKM yang tersebar di 27 provinsi di seluruh Indonesia.

Oktavia Laksmi, Fintech Product Activation Sahabat UKM   mengatakan bahwa Sahabat UKM menyambut baik kerja sama layanan TASAKU ini. “Kami yakin TASAKU  adalah produk yang memiliki fitur sesuai kebutuhan masyarakat, termasuk anggota dan calon anggota Sahabat UKUM, sehingga akan sukses kedepannya,” kata Via.

Sementara itu, Aji Saputra menjelaskan bahwa TASAKU sebagai upaya mendukung program LAKU PANDAI dari OJK. Yakni untuk memberikan akses masyarakat terhadap dunia perbankan. “Doakan semoga TASAKU dapat segera dinikmati oleh seluruh masyarakat  Indonesia,” ujar dia.

Dia optimistis TASAKU diterima masyarakat luas. Sebab selain kemudahan, nasabah juga mendapat apresiasi yang luar biasa.

Apresiasi itu selain berupa bunga 1 persen per tahun, juga bakal dapat hadiah undian atau Grand Prize TASAKU yang digelar tiap tiga bulan sekali.  

“Hari Minggu, 4 Agustus 2019 ini kami gelar Undian Grand Prize TASAKU. Itu kami laksanakan di area Car Free Day di Simpang Balapan – Ijen Boulevard, Malang, Jawa Timur,” jelas dia.

Dia menjelaskan bila pada Grand Prize TASAKU itu  nasabah yang beruntung akan mendapatkan hadiah utama berupa 1 saldo Kloning hingga Rp 20 juta, 3 buah LED TV. Selain itu, 3 Kulkas 2 pintu, 3 sepeda gunung dan 33 voucher belanja masing-masing senilai Rp.200 ribu serta ratusan undian doorprize dengan hadiah utama berupa LED TV dan ratusan hadiah menarik lainnya. (aji)