TKD Malang Raya Klaim Capres 01 Raih 73,19 Persen Suara

22 April 2019 - 18:45 WIB
Ketua TKD Kota Malang, Wanedi (dua dari kiri)  bersama TKD Batu dan Kabupaten Malang saat menggelar konferensi pers terkait perolehan Suara Pilpres untuk pasangan  01 di kawasan Malang Raya, Senin (22/4/2019).
Ketua TKD Kota Malang, Wanedi (dua dari kiri)  bersama TKD Batu dan Kabupaten Malang saat menggelar konferensi pers terkait perolehan Suara Pilpres untuk pasangan  01 di kawasan Malang Raya, Senin (22/4/2019).

MALANG  (SurabayaPost.id)  Daerah (TKD) Malang Raya mengklaim bila pasangan Capres 01, Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin meraih  73.19 persen. Klaim tersebut disampaikan Ketua TKD Kota Malang, Wanedi bersama TKD Kota Batu dan Kabupaten Malang,  Senin (22/4/2019).

Menurut Wanedi, 73,19 persen itu merupakan rata-rata dari tiga wilayah di Malang Raya. Rinciannya, kata politisi dari PDIP ini, untuk Kabupaten Malang mendapatkan suara 77.91 persen, Kota Batu 74,42 persen, dan Kota Malang 67,23 persen.

“Kalau perolehan suara untuk 01 itu dibulatkan dari tiga daerah ini, ketemu angka 73.19 persen. Jadi itu melebihi target,” ujar Wanedi.

Dijelaskan  Wanedi bahwa hasil perhitungan tersebut berdasarkan hitung cepat yang dilakukan internal TKD Malang Raya. Data itu bersumber dari C1 dan form Plano.  

“Itu kami perlu umumkan karena beberapa alasan. Pertama untuk membantah adanya isu kalau suara pasangan 01 kalah di Jawa Timur, khususnya di kawasan Malang Raya,” kata dia.

Alasan kedua, kata dia, sebagai ungkapan  terima kasih pada semua pihak yang telah bekerja sama memenangkan Capres 01. Disebutkan dia seperti partai pendukung, Caleg,  relawan, para tokoh masyarakat, agama, profesional dan lain sebagainya.

“Berkat kesolidan dan kerja keras mereka, perolehan  suara Capres 01 bisa melampaui target. Alhamdulillah. Kami mengucapkan  banyak terima kasih pada mereka,” kata Wanedi.

Itu mengingat, lanjut dia,  perolehan suara Jokowi di Malang Raya meningkat signifikan dibandingkan Pilpres 2014. Sebab, pada Pilpres lalu Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla di Kota Malang berkisar di angka 59 persen. Namun kini meningkat menjadi 67.23 persen.

Karena itu, kata dia, TKD Malang Raya berterima kasih pada semua pihak yang mendukung.  Dia juga mengapresiasi kinerja KPU dan Panwas yang dinilai baik. (lil)