Ratusan Warga Desa Junrejo Terima BLT

Prosesi pembagian BLT di Desa Junrejo, Kota Batu

BATU (Surabayapost.id) – Ratusan warga Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT). Hal tersebut dibenarkan Kepala Desa (Kades) Junrejo Andi Faizal Hasan, Selasa (9/6/2020).

Menurut Wakil Ketua Asosiasi Petinggi dan Lurah Kota Batu yang sapaan akrabnya Faizal ini, “Hari ini di Desa Junrejo membagikan BLT sejumlah 512 warga penerima,” jelas dia.

Dengan rincian, terangnya, sejumlah 370 warga penerima senilai Rp 1 juta, dengan kriteria Kepala Keluarga (KK). Sedangkan dari sisa usulan desa yang belum mendapatkan bantuan ada sejumlah 77 warga menerima Rp 1 juta. “Itu kategori non Kepala Keluarga (KK) ,” katanya.

Andi Faizal Hasan

No KK tersebut, kata dia dengan maksud Kepala Keluarganya bukan laki laki. Jadi menurut dia, bisa ibu dan bisa anak. Bahkan bisa juga nenek.

“Kemudian yang sejumlah 64 penerima senilai Rp 400 ribu, dengan top up dari Kementerian Sosial (Kemensos) 1 orang lagi penerima senilai Rp 400 Ribu, dan kriterianya kita belum tahu. Karena semua data dari sejumlah 512 itu,kami terima dari dinas sosial (Dinsos) Kota Batu,” katanya.

Itu, karena kata dia, dirinya hanya memfasilitasi pembagian itu.Dan itu semua menurut dia yang mengawal dari Bank Jatim san juga didampingi SKPD serta dari Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota Batu.

” Sampai hari ini total penerima bantuan per tanggal 9 /6/2020 sejumlah 1.758 penerima.Sebetulnya kalau data yang kita ajukan sejumlah 1.683 penerima.Jadi itu sudah melebihi penerima yang kita ajukan,” katanya.

Selanjutnya, kata dia, dari angka yang 1.758 tersebut, menurut Faizal terdapat beberapa double penerima anggran.

Meski begitu, ia mengaku tidak akan memverifikasi karena semua data yang turun pada dirinya berasal dari Dinsos.

“Jadi kami tidak memiliki kewenangan mau mencoret atau mengalihkan.Tapi tetap kita fasilitasi dan kita terimakan pada hari ini,” katanya.

Itu kata dia, dari jumlah keseluruan 1.683 penerimanya dan siapa – siapa saja yang belum menerima sama sekali bantuan itu, menurutnya bisa diketahui.

“Tapi ini masih dalam perekapan hari ini.Dan kami berharap dari beberapa yang benar – benar belum menerima bantuan tersebut, ada kebijakan dari Pemerintah Kota Batu,” katanya.

Kemudian, kata dia, apa yang harus ia lakukan dan apa pula yang harus Pemkot Batu lakukan kepada beberapa orang.

“Yang sampai hari ini belum mendapatkan bantuan berapa jumlahnya.Dab ini semua masih kita lakukan evaluasi,” timpalnya. (Gus)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.