Agar Warga Tak Panik, Satpol PP Kota Batu Lakukan Cipta Kondisi

20 March 2020 - 20:23 WIB
Kepala Satpol PP Kota Batu M Nur Adhim,

BATU (surabayapost.id) – Ciptakan masyarakat Kota Batu agar tenang dan tidak resah dengan ancaman wabah Virus Corona, Pemerintah Kota Batu, melalui Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batu, melaksanakan kegiatan cipta kondisi.

Hal tersebut dikatakan Kepala Satpol PP Kota Batu M Nur Adhim, Jumat (20/3/2020). Menurut Adhim dalam menyikapi kondisi dampak Covid – 19, di Kota Batu, kegiatan tersebut menurutnya untuk menciptakan suasana di batu tetap kondusif dengan merebaknya Covid – 19.

“Masyarakat agar tetap tenang dan tidak resah.Maka kita khususnya di Satpol PP batu ,diperintah pimpinan untuk melaksanakan kegitan – kegitan bersama dengan jajaran samping.Dari Kepolisian bersama TNI dan para OPD terkait,” kata Adhim.

Selanjutnya, menurut Adhim ,kegiatan tersebut dijadwalkan sampai 10 hari. Yang menurutnya dalam kegiatan tersebut difokuskan empat titik.

“Di titik utama adalah melaksanakan patroli keliling diwilayah Kota Batu,bersama sama jajaran yang ada dari TNI maupun Polri dan SKPD terkait,” ungkapnya.

Itu ungkap dia, untuk memberikan sosialisasi tentang bagaimana menyikapi virus corona. “Supaya masyarakat batu tidak merasa cemas dengan adanya Corona. Selanjutnya, kita memantau pasar. Kita pantau apabila ada pergerakan masyarakat di sana dalam membeli bahan pokok, apakah ada kepanikan dan apakah ada yang memanfaatkan dengan cara menjual menaikan harga, dan adanya aksi untuk penimbunan dan sebagainya,” tandasnya.

Itu tandas dia, yang jadi pantauan. Kemudian lanjut dia, memantau di tempat – tempat pariwisata dan tempat hiburan malam.

“Karena mulai hari Senin kemarin seluruh tempat usaha itu ditutup.Kemudian untuk ditindaklanjuti melalui surat oleh SKPD yang ditunjuk, salah satunya Dinas Pariwisata,” paparnya.

Karena papar dia, mulai kemarin malam Satpol PP sudah keliling. Menurutnya sudah mengecek di lokasi – lokasi yang masih belum mentaati aturan tersebut.

Kalau memang ada yang diketahui, kata Adhim akan diberi edukasi dan pengarahan. Sehingga tetap mentaati ketentuan yang berlaku di Batu. “Di tempat pariwisata dan hiburan karaoke serta di panti pijat dan sebagainya,” tegasnya.

Seperti halnya tegas dia, untuk siswa yang diperlakukan belajar di rumah. Menurutnya dilakukan pengecekan untuk anak – anak yang bermain di mall dan sebagainya.

“Itu kita cek setiap hari. Seperti tadi diketahui ada anak yang ikut orang tuanya ke salah satu tempat swalayan di Batu. Kemudian kita ingatkan agar lebih fokus untuk belajar di rumah,” mintanya.

Terkait giat tersebut, menurut Adhim nantinya yang khusus di Satpol PP akan dilaporkan kepada pimpinannya Walikota Batu Dewanti Rumpoko.

“Terkait apa yang kita temukan dan yang kita analisa nantinya juga akan dihimpun menjadi sebuah informasi kepada pimpinan.Kita akan selalu memantau bagaimana dalam menghadapi situasi yang di lapangan. Dan alhamdulillah di Kota Batu masih kondusif,” ujarnya (Gus)