DP3AP2KB Sosialisasikan Progres Bagi Hasil Pajak 19 Desa

13 November 2021 - 08:37 WIB

BATU ( SurabayaPost.id ) – Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan, Perlindingan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (DP3AP2KB ) Kota Batu, MD Furqon, Jumat ( 12/11/ 2021) beberkan progres pencairan dana bagi hasil pajak dan retribusi bagi 19 desa di Batu, sebagai salahsatu keuangan desa di Kota Batu, tahun 2021.

“Daktar sejumlah 8 nama desa yang telah cair dana bagi hasil pajak dan retribusi.Desa Bumiaji, Mojorejo, Punten, Pendem, Oro – Oro Ombo, Pandanrejo, Giripurno, dan Desa Bulu Kerto,” kata Furqon, Jumat, 12/11/2021.

Sedangkan untuk daftar nana desa yang telah mengajukan pencairan masih dalam proses di Badan Keuangan dan Aset Daerah ( BKAD) menurut dia, ada sejumlah 4 desa, yakni, Desa Junrejo, Pesanggrahan, Beji, dan Desa Tulungrejo.

Lantas untuk daftar nama desa yang belum mengajukan, kata dia, terdapat sejumlah 7 desa. ” Desa Sumbergondo, Sumberejo, Torongrejo, Sidomulyo, Gunungsari, Sumber Brantas, dan Desa Tlekung,” ungkapnya.

Itu, ungkap dia, untuk 8 desa yang sudah masuk ke rekening daerah kerekening khas desa, kata dia, sudah bisa digunakan untuk program kegiatan di sisa waktu yang ada.

” Kemudian, 4 desa yang masih proses di BKAD ini nunggu falidasi akhir BKAD terhadap desa yang belum mengajukan.Hari ini kita beri surat pemberitahuan secara tertulis kepada 7 desa yang belum mengajukan agar segera mengajukan dana bagi hasil pajak dan retribusi,” tegasnya.

Itu, tegas dia, anggaran tersebut, untuk melaksanakan program  kegiatan masing – masing desa dengan sisa waktu yang ada.

” Untuk desa yang belum mengajukan, Desa Sumber Gondo, Sumberejo,Torongrejo,Sidomulyo, Gunungsari, Dumber Brabtas dan Deda Tlekung.Itu yang belum mengajukan bagi hasil pajak dan retribusi,” ujarnya.

Kemudian, ujar dia, dari 4 desa yang sudah masuk di BKAD yang nenurutnya sudah dalam proses verifikasi dan falidasi.

” Desa Junrejo, Pesanggrahan , Beji, Tulungrejo.Untuk desa yang telah cair bagi hasil pajak dan retribusi adalah.Desa Bumiaji, Mojorejo, Punten, Pendem , Oro – Oro Ombo,  Pandanrejo, Giripurno, dan Desa Bulukerto,” pungkasnya (gus