Festival Kalap Kuluban, Bangkitkan Wisata Kampung Terapi

29 November 2021 - 22:57 WIB
Pembukaan Festival Kalap Kuluban berlangsung meriah

Pembukaan Festival Kalap Kuluban berlangsung meriah 

MALANG (SurabayaPost.id) – Kerinduan masyarakat Kota Malang untuk menikmati kegiatan seni kembali bisa terobati. Setelah beberapa tahun tidak ada karena pandemi Covid-19, akhirnya Festival Kalap Kuluban Kampung Terapi Hijau bisa digelar di Lapangan Basket RW 3, Kelurahan Sukun, Sabtu (27/11/2021).

Ketua RW 3 Kelurahan Sukun, Zainul Arifin mengungkapkan, sudah lama tidak ada event pagelaran festival seperti ini. Dia berharap pandemi Covid-19 bisa landai, sehingga acara seperti ini bisa selalu diadakan tanpa ada hambatan seperti saat sebelum adanya Covid-19.

“Sebelum pandemi, Kampung Terapi Hijau hampir setiap hari didatangi wisatawan. Namun selama pandemi dua tahun terakhir tidak ada aktivitas wisatawan hadir ke kampung kami,” jelas Zainul.

Zainul berterima kasih kepada Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang yang terus mendukung kegiatan ini. Menurutnya, jika event seperti ini rutin dilakukan akan kembali mendatangkan wisatawan ke kampung ini. Melalui acara ini, kata dia, akan menampung berbagai kreativitas warga dalam berkreasi untuk meningkatkan perekonomian.

“Festival ini juga menjadi doa dari kami agar kesejahteraan, keamanan, dan kebahagiaan terus hadir di kampung kami. Balak bencana dan musibah seperti Covid-19 tidak hadir lagi,” tegas Zainul.

Selain kampung wisata, lingkungan Kampung Terapi Hijau juga memiliki kampung wisata yang menjadi andalan. Kampung tersebut adalah Kampung Kuburan Londo yang sebelum pandemi banyak menghadirkan wisatawan. (Lil)