LDKS di DeDurian Park, Seru

29 November 2021 - 23:44 WIB

JOMBANG (SurabayaPost.id)–Sebanyak 40 siswa SMK Antartika menggelar acara Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di DeDurian Park, Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Acara berlangsung tiga hari, dari 26 – 28 November 2021, di antara hujan dan cuaca dingin.

Para siswa, dari jurusan
Teknik Installasi Tenaga Listrik, Teknik Pemesinan
Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Komputer dan Jaringan, mengikuti seluruh rangkaian acara dengan antusias.

“LDKS kali ini sangat wow karena berbeda dengan ekspektasi saya,” kata Devita Yustia Ningrum, dari kelas 11 TKJ.

Materi LDKS yang diberikan antara lain teori kepemimpinan sekaligus simulasi praktiknya, pembuatan proposal kegiatan dan praktiknya, motivasi berupa pembentukan visi ke depan, serta gemblengan mental dalam jurit malam.

“Di sini kami juga bermain flying fox, fun games, edukasi test otak, diuji mental dengan jalan sendirian di hutan dalam pekatnya malam dan dikagetin dengan pocong bohongan. Medannya juga gelap dan ekstrim. Jujur, rasanya deg-degan sekali. Tapi, gak masalah. Kami tetap harus have fun,” tambah Devita.

Di antara LDKS juga dilakukan pemilihan Ketua OSIS dan pengurusnya. Yang mengesankan, pengukuhan ketua baru dilakukan di anak sungai saat peserta melakukan jelajah alam. Serah terima jabatan ketua OSIS lama dan Ketua OSIS baru dilakukan di Pendopo Anjasmoro oleh Kepala Sekolah.

Kepala SMK Antartika, M. Syafii, juga memberikan pesan-pesan motivasional pada peserta LDKS. “Dari sini, bisa saja kelak akan muncul pemimpin-pemimpin negeri ini.”

Pendidik kelahiran Sampang ini juga berterima kasih pada semua panitia, para guru, para trainer dari DeDurian Park, dan para peserta yang sudah optimal menjalankan LDKS ini.

“Tahun depan kami agendakan untuk LDKS di DeDurian Park lagi,” kata Syafii.