Ganti Noordin Khalid, Sri Untari Awali dengan Ziarah ke Makam Bung Hatta

12 July 2020 - 22:36 WIB
Ketua Umum Dekopin Dr Sri Untari saat memimpin upacara memperingati hari koperasi di halaman makam Bung Hatta

JAKARTA (SurabayaPost.id) – Dr Sri Untari resmi menjadi Ketua umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) setelah ditunjuk Presiden Jokowi menggantikan Noordin Khalid. Mengawali tugas tersebut, wanita yang juga Ketua Fraksi PDIP Jatim itu melakukan ziarah ke makam Bapak Koperasi Indonesia, Bung Hatta, Sabtu (11/7/2020).

Ziarah ke makam Bung Hatta yang juga Proklamator RI itu dilaksanakan usai memimpin upacara memperingati Hari Koperasi Indonesia. Upacara itu dilaksanakan di halaman makam mantan Wapres RI yang pertama itu.

Sri Untari merasa bangga dan sangat istimewa. Alasannya karena dalam upacara dan ziarah makam itu juga dihadiri putri Bung Hatta, Meutia Hatta.

“Saya berziarah ke makam Bung Hata, sabagai rangkaian Hari Koperasi, sekaligus memimpin upacara. Kami kehadiran putri beliau, Ibu Meutia Hatta. Ini sungguh sangat istimewa,” tukas Sri Untari.

Sebagai Ketum Dekopin dia mengajak untuk mengenang jasa Bung Hatta, serta meneguhkan kembali mandat dan cita-cita koperasi. Wanita kelahiran Blitar ini menyampaikan bahwa Koperasi merupakan soko guru ekonomi, yang bisa diterjemahkan dan dipahami, dihayati serta dilaksanakan.

Hal itu, lanjut dia, sebagai wadah pendidikan anggota dalam membangun kesadaran akan kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong. “Kepedulian, keterbukaan, kejujuran dan kedisiplinan dengan anggota akan membuat koperasi sehat dan kuat. Bersama koperasi yang kuat ekonomi indonesia akan berďaulat,” katanya. (Aji)