Gelar Bulan Bung Karno, PDIP Kota Batu Lakukan Istighosah dan Baksos

12 July 2020 - 21:52 WIB
Punjul Santoso pada saat memberikan piagam pada peserta lomba.

BATU (SurabayaPost.id) – DPC PDIP Kota Batu menggelar acara Bulan Bung Karno. Acara tersebut diwarnai dengan istighosah, bakti sosial (Baksos) hingga beragam lomba.

Kegiatan yang ditutup Minggu (12/7/2020) di kantor DPC PDIP itu dihadiri Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. Politisi PDIP yang sapaan akrabnya Punjul ini, mengatakan jika giatnya itu berdasarkan surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Isinya, kata dia, menegaskan bahwa pada 1Juni 2020 merupakan bulan peringatan Bulan Bung Karno. “Dan itu diwajibkan pada seluruh pengurus PDIP ditingkat provinsi dan kabupaten serta kota. Seperti saya ini di DPC Kota Batu melaksanakan giat Bulan Bung Karno,” katanya.

Dan rangkaiannya,kata dia, sudah diawali pada 1 Juli kemarin yang menurutnya beragam rangkaian kegiatan yang dilakukan,yang menurutnya saat ini sebagai penghujung kegiatannya,dan ragam rangkaian dari sebelumnya sebutkan dia.

“Pertama upacara webinar karena dalam pandemi, jadi tak boleh upacara. Selanjutnya melakukan istighosah di DPC agar founding father pada Bung Karno dapat diterima disisiNya,” paparnya.

Selanjutnya, papar dia, setelah upacara menurutnya tengah mendengarkan pidatonya Presiden RI Joko Widodo serta istiqosah dan tumpengan.

“Itu dilakukan oleh seluruh DPC tingkat Kabupaten maupun Kota dan ditambah pengurus PAC termasuk Mas Khamim Tohari CS itu dari PAC Kecamatan Bumiaji, serta dari Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Batu,” paparnya.

Tak hanya itu, papar dia, terkait rangkaian tersebut juga melakukan bakti sosial (Bansos). Menurutnya Baksos itu dikemas melalui pembagian beras kepada masyarakat sekitar kantor DPC Kota Batu.

“Usai menggelar beragam rangkaian yang sudah dilaksanakan itu kemarin,kemudian dibentuk panitia.Dalam kegiatan rangkaian lomba,mulai dari lomba mirip dengan Bung Karno dan lomba baca puisi mengenai Bung Karno, serta lomba – lomba yang lainnya,” ungkapnya.

Itu, ungkap dia, ada beberapa lomba yang sudah dilakukan pada sebelumnya 7 Juli kemarin dan menurutnya pada hari ini sedang diumumkan pemenangnya.

” Untuk para pemenangnya mulai dari membaca puisi dan orang yang mirip dengan Bung Karno, mereka mendapatkan uang dan sertifikat. Juara satu hadiahnya senilai Rp 1 juta, dan juara dua Rp 750 serta juara tiga mendapatkan hadiah uang senilai Rp 500 ribu,” urainya, sembari menyampaikan bahwa giat yang digelar pada hari ini sebagai rangkaian giat penutupan.

Khamim Tohari saat menghadiri penutupan Bulan Bung Karno

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Khamim Tohari mengaku menggelar berbagai perlombaan untuk memperingati Bulan Bung Karno sekaligus mengenang jasa Proklamator RI. “Berbagai lomba kreatif yang sudah dilakukan, sekaligus bertepatan dengan bulan kelahiran Bung Karno dan juga lahirnya Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara;” katanya.

Giat itu, kata dia, melibatkan secara aktif seluruh kader PDIP dan masyarakat umum yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. “Ini digelar saat tengah pandemi Covid-19, dalam peringatan Bulan Bung Karno, PDI Perjuangan membuka ruang inovasi dan kreativitas yang seluas-luasnya bagi para Pemuda Indonesia guna mengekspresikan seluruh ide dan gagasan, pemikiran, cita-cita dan perjuangan Bung Karno,” pungkasnya. (Gus)