Indahnya Destinasi Wisata Bumi Kitiran Kota Batu 

9 September 2019 - 10:19 WIB
Indahnya destinasi wisata Bumi Kitiran yang nenyuguhkan warna-warni tanaman kitiran

BATU (Surabayapost.id) – Destinasi wahana wisata alam Kitiran Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Jawa Timur, diminati banyak wisatawan.  Sebab wahana tersebut menawarkan keindahan alami dengan pernak pernik ribuan taman kitiran.

Makanya destinasi wisata yang diberi nama Bumi Kitiran di area Bumiaji, Kota Batu, diyakini bakal dikunjungi banyak pengunjung. Sebab menurut pelancong yang mengaku dari Pekanbaru, Rika Ratnasari, Minggu (8/9/2019), destinasi wisata tersebut  punya warna yang beda. 

“Bumi Kitiran, merupakan destinasi wisata yang unik dan cantik.  Keindahannya alami. Sebab menyajikan konsep yang unik dengan warna warni, seperti pelangi,” tutur dia. 

Tempat selfie yang menakjubkan

Destinasi Bumi Kitiran memang menyuguhkan hamparan tanaman kitiran. Ribuan tanaman tersebut terhampar dengan indah. Itu pun berwarna-warni. 

Penolakan alam yang indah itu tak hanya sejuk untuk dinikmati mata telanjang. Namun juga sangat bagus untuk menjadi kawasan swafoto. 

Wisatawan,  kata Rika Ratnasari akan sangat dimanjakan dengan keindahan tersebut.  “Bisa dijadikan sebagai spot foto selfie, tempat wisata yang berada di area perbukitan, yang  memiliki udara yang sejuk,” tandasnya.

Untuk itu, tandas dia, dengan suasana sejuk tersebut, praktis bakal menambah kenyamanan pengunjung. Dia yakin wisatawan akan betah berlama-lama di taman kitiran tersebut. 

“Ya karena akan merasakan keseruan saat  berlibur jika dikepung warna – warni hamparan ribuan kitiran. Dijamin asyik pokoknya,” seru Rika.

Kepala Plt Disparta Kota Batu Imam Suryono

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Batu, Imam Suryono, juga sangat optimistis destinasi Bumi Kitiran itu akan menjadi ikon wisata.  Menurut dia tanaman Kitiran yang warna-warni di atas lahan yang luas sangat memukau dan menyejukkan. 

Dia pun yakin akan menjadi jujukan wisatawan.  “Keindahan alam tersebut mampu dieksplor masyarakatnya dengan tetap menjaga keasrian alamnya,” kata dia. 

Untuk itu, dia merasa bangga destinasi wisata terbaru dan berbeda ini. Sebab menurut dia layak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dijelaskan dia bila destinasi wiaata yang ditawarkan Bumi Kitiran itu memiliki konsep yang unik. Yakni berupa taman kitiran dengan warna yang berbeda-beda. 

Jumlah tanaman tersebut sangat fantastis. Sebab mencapai 24 ribu kitiran dengan sembilan warna. Itu ditanam di hamparan Bumi Bumiaji, dengan area seluas 6000 meter persegi. 

Makanya, dia mengaku tak heran, jika wisatawan yang berkunjung akan kerasan. Alasannya pengunjung dimanjakan dengan warna warni kitiran tersebut.

Selain itu, kata dia, tak hanya pemandangan ribuan kitiran yang berbaris dengan warna yang indah. “Pemandangan pegunungan yang mengelilingi Kota Batu, dengan pemandangan alamnya yang indah, juga  bakal mampu menghipnotis para wisatawan,” tegasnya.

Apalagi, terang dia, Bumi Kitiran itu sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang. Disebutkan seperti  gazebo, spot foto empat dimensi berbentuk bunga dan bintang dan toilet.

Lokasinya, kata dia, terbilang dekat dari pusat Kota Batu atau Alun-Alun Kota Batu. Sehingga wisatawan yang ingin berkunjung hanya butuh waktu sekitar 20 menit.

“Itu karena untuk ke lokasi harus  menempuh jarak sekitar 3,2 Km. Jaraknya dekat,” pungkasnya sembari menyerukan bila wisatawan yang berkunjung ke Kota Wisata Batu, tak lengkap kalau tidak singgah ke Bumi Kitiran itu (Gus)