Jadi Inspektur Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI, Wali Kota Dewanti Tekankan Soal Pembangunan SDM 

17 August 2019 - 19:28 WIB
Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko menyerahkan sang saka merah putih untuk dikibarkan pada acara upacara bendera HUT Kemerdekaan RI di Stadion Brantas Kota Batu

BATU (Surabayapost.id) – Perayaan  detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang digelar di Stadion Brantas Kota Batu, Sabtu (17/8/2019) berlangsung meriah. Dentuman meriam sebanyak 17 kali mewarnai upacara bendera yang diinspektori Wali Kota Dewanti Rumpoko itu. 

Selain itu para petani di Kota Batu juga ikut upacara bendera. Mereka menggunakan caping yang terbuat dari bambu. 

Yang menarik lagi, ribuan peserta upacara bendera tersebut membuat konfigurasi. Konfigurasi tersebut bertuliskan SDM Unggul Indonesia Maju. 

Pengibaran bendera merah putih saat memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Kota Batu.

Wali Kota Dewanti Rumpoko pun dalam sambutannya menyebutkan soal pentingnya pembangunan SDM itu. Menurut dia, peningkatan SDM tersebut sudah dilakukan Pemkot Batu.

“Peningkatan SDM tersebut sudah kita lakukan lewat pendidikan  dan juga pelatihan. Meski begitu harus terus kita tingkatkan sehingga SDM di Kota Batu ini unggul,” kata dia saat memimpin upacara bendera tersebut.

Hadir dalam upacara itu  Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto SIK, MSi bersama Ketua Bhayangkari Cabang Batu, Pejabat Utama Polres Batu dan anggotanya. Selain itu Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Danrem 083 Malang, Aster Div if 2 Kostrad, Poltekad, Lanud Abd Saleh, Dandohar, serta Ketua DPRD Batu, Kajari Batu. Begitu juga  Wadanpusdik Arhanud, Ka BNNK Batu, Pabung 0818 Malang – Batu, beserta Toga, Tomas dan Veteran se- Kota Batu.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto bersama Wawali Punjul Santoso dan pejabat Muspida lainnya pose bersama usai upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-74

Adapun dalam prosesi itu yang perlu diketahui Pasukan Upacara yang dilibatkan, dari anggota TNI, Polri, serta Satpol PP dan beberapa instansi lain bersama juga ribuan siswa-siswi SD/MI, SM/MTS, SMA/K/MA se – Kota Batu.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sedangkan yang membacakan Teks Proklamasi, dilakukan Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo.

Sedangkan yang membacakan  doa dibawakan oleh Kepala Kemenag Kota Batu, Drs ,Nawawi M.Fil.I. Dengan demikian, sang saka merah putih dibawa oleh Yezzi Dhea Ravica asal SMAN 1 Kota Batu, dengan Komandan Kompi Paskibraka , Letda Infanteri Khabib Cahyono ST selaku Pasi Ops Poltekad Kodiklat AD

Sedangkan untuk Komandan Upacara Kapten Kes. Haryawan Saputro dari Lanud Abd Saleh. 

Bahkan untuk yang pengibar bendera merah putih ,dilakukan oleh Rizky Agus Saputro dari SMAN 2 Batu, Thery Deswita Christian dari SMAN 1 Batu, dan Muhammad Fajar Arif Fanani dari SMAN 2 Kota Batu.

Praktis, dalam pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 74 yang digelar di Stadion Brantas, Kota Batu tersebut, berjalan dengan tertib, khidmat dan kondusif (Gus)