Jelang Pemilu, Polres Makota Tingkatkan Kegiatan Cipta Kondisi Operasi Mantap

9 March 2019 - 19:00 WIB
Kasat Sabhara Polres Malang Kota, AKP Hery Widodo memimpin langsung operasi pengaman tahapan Pemilu 2019 dengan melakukan patroli rutin.
Kasat Sabhara Polres Malang Kota, AKP Hery Widodo memimpin langsung operasi pengaman tahapan Pemilu 2019 dengan melakukan patroli rutin.

MALANG (SurabayaPost.id) – Polres Malang Kota (Makota) terus berupaya meningkatkan keamanan di wilayah Kota Malang. Terutama menjelang Pemilu 2019, Polres Makota meningkatkan kegiatan Cipta Kondisi Operasi Mantap Brata.

Menurut Kasat Sabhara Polres Malang Kota, AKP Hery Widodo, Sabtu (9/3/2019), penciptaan kondisi strategis dan agenda kamtibmas itu sangat penting. Apalagi menjelang pemilihan umum 2019.

“Makanya Polres Malang Kota melaksanakan kegiatan Cipta Kondisi Operasi Mantap Brata. Itu kami lakukan dalam rangka pengamanan tahapan kampanye pemilihan umum baik Pileg maupun Pilpres 2019,” katanya

Dijelaskan dia bila dalam pengamanan setiap tahapan pemilu menerjunkan tim patroli khusus. Itu beranggotakan 14 personil Sabhara.

Kasat Sabhara Polres Malang Kota, AKP Hery Widodo
Kasat Sabhara Polres Malang Kota, AKP Hery Widodo

Mereka mengendarai roda dua jenis Trail. Tim itu, kata dia, berpatroli secara rutin yang difokuskan pada pengamanan suara dan logistik pemilu. “Sebab, Logistik Pemilu menjadi fokus pengamanan kami,” Tutur AKP Hery Widodo.

Hal itu juga meliputi patroli rutin terkait penjagaan Kantor KPU dan Gudang Logistik Pileg dan Pilpres 2019. Pengamanan untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pemilu.

Menurut dia, patroli bertujuan memberi rasa aman sekaligus himbauan kamtibmas untuk mengajak masyarakat ikut menjaga situasi aman jelang Pileg dan Pilpres tahun 2019.

“Kita juga meminta masyarakat untuk terus bersinergi dengan aparat. Karena keamanan ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Sehingga kamtibmas di Kota Malang semakin baik dengan kepedulian warga,” harap dia.

Selain itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan petugas keamanan di KPU untuk tetap waspada dan melakukan patroli di sekeliling kantor dalam upaya mencegah terjadinya tindak kriminalitas yang berpotensi dapat memprovokasi kesuksesan pemilu mendatang.

Ditambahkannya, personil Sabhara akan secara mobile melakukan pemantauan. Dengan harapan, pemilu di Kota Malang berjalan kondusif dengan keterlibatan masyarakat yang turut mengampanyekan aman dan damai. (lil)