Kapolda Jatim Ajak Pelajar Ikut Menjaga Kondusifitas Wilayah 

16 October 2019 - 23:01 WIB
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama bersama siswa saat di Mapolda Jatim

BATU (SurabayaPost.id) –  Kapolda Irjen Pol Drs, Luki Hermawan mengumpulkan para pelajar SMA/SMK di Mapolda Jatim,  Rabu (16/10/2019). Mereka diajak untuk ikut menjaga kondusifitas wilayah, terutama menjelang pelantikan Presiden RI periode 2019-2024. 

Dalam acara tersebut Forkopimda ikut hadir.  Begitu juga seluruh Kapolres. Termasuk Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama. Mereka  menghadiri Silaturahmi Forkopimda dan para pelajar se-Jawa Timur di Polda Jatim tersebut. 

Menurut Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, silaturahmi itu digagas Kapolda Jatim Irjen Pol Drs, Luki Hermawan, MSi. Hal itu,  kata dia,  terkait  dengan maraknya aksi unjuk rasa yang berujung anarkis. Itu pun bukan hanya dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum saja, namun juga melibatkan pelajar. 

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama

Menurut  Kapolda, kata dia, hal itu merupakan fenomena yang akhir- akhir ini sering  terjadi. Siswa dan siswi yang masih berstatus pelajar turut serta dalam aksi tersebut.

“Maka pada hari ini, kami menggelar kegiatan silaturahmi untuk mencegah terjadinya hal itu. Dengan tajuk, silaturahmi Forkopimda Jatim bersama ketua OSIS dan pelajar SMA/SMK se Jatim,” kata Luki Hermawan.

Sekadar diketahui, dalam prosesi acara tersebut,yang hadir, Kapolda Jatim  Irjen Pol Drs, Luki Hermawan, MSi, hadir pula, Gubernur Jatim Dra, Hj, Khofifah Indar Parawansa, MSi dan Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI R Wisnoe Prasetja Boedi, serta Kapolres Jajaran Polda Jatim, Kadiknas Jatim Dr Hudiyono MSi dan OSIS SMA/SMK se-Jawa Timur, dan Kapolres Batu Akbp Harviadhi Agung Prathama SIK,MIK turut serta pada acara tersebut.

Dikesempatan itu, baik dari anggota Kepolisian maupun pelajar yang hadir, terlihat hikmat dan   kompak serta berbahagia dan terlihat tidak canggung ataupun takut berbaur dengan para pengayom masyarakat tersebut.

Luki Hermawan, mengaku sangat mengapresiasi kepada seluruh pelajar maupun guru yang berada di Jawa Timur,karena.

“Telah mau mengawasi anak didiknya, sehingga tidak ada pelajar yang turut serta dalam kegiatan yang tak terpuji tersebut,” tandas Luki Hermawan.

Selain itu, pujuk pimpinan Polda Jatim tersebut, mengaku sangat mengapresiasi para pelajar di wilayah Jatim.Alasannya, karena sampai saat ini tidak ada satu pun pelajar yang ditahan, dan yang berurusan  dengan aparat kepolisian, karena ikut unjuk rasa dengan cara anarkis, sehingga Luki Hermawan mengaku pula.

“Saya sangat terkesan sekali,karena di Jatim ini bimbingan para guru yang sangat intens sehingga pelajar saat ini, bisa mengikuti semua kegiatan dan tidak terpengaruh dengan ajakan dan beredarnya berita – berita hoaks,” puji Luki Hermawan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim menambahkan, bahwa kegiatan tersebut,  sebagai salah satu upaya untuk mengajak siwa – siswi yang berada di Jawa Timur untuk bersama – sama menjaga kondusifitas di Jawa Timur.

“Dengan komitmen mengumpulkan kurang lebih  1.200 pelajar SMA/SMK se-Jawa Timur, dalam rangka deklarasi menolak tindakan anarkis.Kita wujudkan hal itu agar Jawa Timur tetap kondusif,” harap Frans Barung Mangera.

Diwaktu yang sama, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama yang sapaan akrabnya Harvi, menyampaikan kepada para pelajar dari Kota Batu yang hadir, agar menolak berpartisipasi dalam melakukan tindakan kerusuhan dalam bentuk apapun.

“Saya ucapkan terimakasih kepada adik-adik yang hadir disini, karena sudah turut menjaga kondusifitas di Kota Batu,” pungkasnya,sembari berpesan, apabila ada yang mengetahui tindakan maupun rencana untuk melakukan tindakan anarkis agar segera melapor kepada petugas yang terdekat (Gus)