Kota Batu Raih Dua Penghargaan

27 September 2021 - 21:00 WIB
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menerima penghargaan.

BATU (Surabayapost.id ) – Kota Batu, Jawa Timur meraih dua penghargaan.  Penghargaan pertama dua tahun  berturut turut meraih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama Tahun 2020. 

Sedangkan penghargaan kedua adalah Kota Layak Anak Kategori Madya Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). 

Penghargaan yang disematkan langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) tersebut diakui Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Selasa (27/9/2021).

“Penghargaan ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Batu dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” kata Dewanti.

Dengan demikian, Dewanti mengaku bersyukur telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian PPPA.

Kadis DP3AP2KB ,Kota Batu, M Furqon

“Karena kita memiliki komitmen penuh terhadap pengarusutamaan gender.Komitmen Pemerintah Kota Batu, tertuang dalam kebijakan mulai dari penganggaran, program kegiatan dan lainnya. Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menerapkan kebijakan pengarusutamaan gender (PUG),” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas DP3AP2KB M Furqon. Menurut dia, penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian PPPA sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG. 

“Kedepan, Pemkot Batu akan terus berupaya untuk memperbaiki kinerja agar dapat meraih penghargaan mentor,” harapnya.

Itu,kata dia,terkait penghargaan terhadap Kota Layak Anak, menurutnya, DP3AP2KB menunjukan pemerintah mempunya komitmen terhadap hak dan perlindungan anak di Kota Batu.

Selain itu, lanjut, dia,DP3AP2KB juga mendapatkan penghargaan juara 1 capaian terbaik KKP.

“Program pembangunan keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) kategori Kota se-Jawa Timur Tahun 2020,” ujarnya. (Gus)