Kukuhkan Pengurus KONI, Dewanti: Jadikan 10 Atlet Internasional, Saya Modali

27 March 2019 - 15:29 WIB
Pengurus KONI Kota Batu yang dikukuhkan Wali Kota Dewanti Rumpoko.
Pengurus KONI Kota Batu yang dikukuhkan Wali Kota Dewanti Rumpoko.

BATU (SurabayaPost.id) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu diminta mencari dan menjadikan 10 atlet internasional. Permintaan tersebut disampaikan Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko saat mengukuhkan Pengurus KONI Kota Batu, periode 2018 – 2022 di Gedung Graha Pancasila, Among Tani Pemkot Batu, Selasa (26/3/2019).

“Cabor harus mampu menghasilkan 10 atlet berkelas Internasional. Cari 10 atlet terbaik, jadikan atlet internasional, saya modali,” tutur Dewanti Rumpoko.

Untuk itu dia berharap Pengurus KONI yang baru dilantik bisa mewujudkannya. Sebab dia sangat mengapresiasi kepengurusan KONI tersebut.

Meski begitu, Dewanti Rumpoko, juga berharap ke depannya agar perwakilan perempuan dalam kepengurusan KONI ditambah.

Disisi lain, ia juga mengamini dengan pelibatan akademisi dalam pengembangan sport science.

“Alhamdulilah di Kota Batu ada kelompok kelas olahraga. Jadi Dinas Pendidikan harus berkomunikasi dengan sekolah, atlet nasional harus dapat dispensasi khusus,” tegasnya.

Makanya dia menyarankan agar KONI dan Cabor mendampingi para atlet dalam mengelola keuangannya. “Jangan sampai terlena dengan pendapatan yang besar. Sebab, umur kejayaan seorang atlet sangat pendek,” kata dia di acara pelantikan pengurus KONI Kota Batu.

Hadir juga dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dan Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edy Purnomo serta Forkopimda Batu serta para pimpinan Cabor.

Saat itu, Ketua Harian KONI Jatim, M Nabil. Saat melantik pengurus KONI Kota Batu, dia mengutarakan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) KONI. Disebutkan seperti melakukan pembibitan, pembinaan dan membawa nama baik Kota Batu ke tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

“Menjaring atlet-atlet berbakat dan berpotensi mengukir prestasi dan membawa harum nama daerah. Pengurus KONI Kota Batu harus mampu bersinergi dan bekerja dengan baik sesuai harapan Wali Kota Batu,” pesannya.

untuk itu dia berpesan agar dalam Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) bulan Juli 2019 mendatang Kota Batu bisa meraih prestasi. Sehingga bisa membawa harum nama Kota Batu.

Ketua KONI Kota Batu, Drs Mahfud, menargetkan mendapat 10 Emas dalam Porprov Jatim, Juli 2019 mendatang. “Dalam kepengurusan kali ini, sudah mewakili cabor, meskipun masih ada yang belum masuk kepengurusan, kita tetap mempertahankan untuk menguati cabor – cabor yang lain,” tandasnya.

Terkait sport science, dia juga berjanji akan melibatkan praktisi olahraga, akademisi dan lainnya untuk bergabung dalam kepengurusan. “Praktisi yang aktif dalam pembinaan prestasi dan praktisi kehumasan juga diambil dari kalangan media,” paparnya.

Dengan susunan kepengurusan, papar dia, dari beragam cabor dan praktisi tersebut, Mahfud berharap agar bisa solid dalam mengembangkan olahraga yang ada.

Yang perlu diketahui, Mahfud mengaku meski baru dilantik pada bulan Maret tahun 2019, menurutnya, sejak awal bulan Januari tahun 2019, kepengurusan KONI sudah bekerja.

Melaksanakan Puslatkot dalam Porprov Jatim yang bakal digelar,6 -13 Juli tahun 2019 di Gresik, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro.

“KONI Kota Batu, tidak hanya mengikuti Porprov Jatim 2019, dan KONI Kota Batu akan melaksanakan penyelenggaraan Pekan Olahraga tingkat Kota pada tahun 2020, mendatang,” pungkasnya. (gus)