Peran Pramuka Dinilai Sangat Penting Untuk Pendidikan Nonformal 

15 August 2019 - 08:17 WIB
Wawali Punjul Santoso kala menghadiri peringatan hari Pramuka

BATU (Surabayapost.id) – Wakil Wali Kota Batu , Ir Punjul Santoso sekaligus Ketua Kwarcab Kota Batu, menghadiri  Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke – 58 di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya Jatim, Rabu ( 14/8/2019).

Dalam pelaksanaan apel tersebut, Gubernur Jawa Timur Dra. Hj , Khofifah Indar Parawansa, selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur,  memimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke – 58 itu.

Dalam sambutannya, Khofifah Indar Parawansa yang sapaan akrabnya Khofifah itu, menyebutkan, tema besar peringatan Hari Pramuka pada tahun ini. Yakni Bersama Komponen Bangsa, siap sedia menjaga keutuhan NKRI. 

“Gerakan pramuka menjadi penting, dalam peranannya sebagai organisasi pendidikan nonformal, dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan, sebagai solusi dalam mengatasi masalah bangsa Indonesia yang mengkhawatirkan, seperti penyalahgunaan obat terlarang, narkotika, terorisme, korupsi dan nepotisme,” kata Khofifah.

Khofifah membacakan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Komjen Pol  Budi Waseso. “Kami menghimbau kepada anggota pramuka, agar berperan aktif untuk menjaga lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik. Gunakan bahan yang mudah diurai tanah untuk mencegah terjadinya bencana,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Batu Ir H, Punjul Santoso menambahkan, kepada generasi muda agar mengingat dan menjaga selalu Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Bahwa generasi muda untuk terus haus akan prestasi, haus akan karya di bidang apapun yang dijalani karena prestasi kalian adalah kebanggaan bangsa,” serunya.

Dalam pelaksanaan  tersebut, selain Gubernur Jawa Timur yang hadir, hadir pula,  Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe Prasetja Budi dan Ketua Kwarda Jatim Saifullah Yusuf serta pengurus Kwarda Jawa Timur (Gus)