Peringati Harkesnas, Kadinkes Tulungagung: Saya Sedih Sekaligus Bangga

1 December 2021 - 14:50 WIB
Dinkes Tulungagung merayakan Harkesnas dengan meriah

TULUNGAGUNG (SurabayaPost.id) – 

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (Harkesnas)  ke-57, ratusan tenaga kesehatan  (Nakes) menghadiri puncak acara di Hall Crown Victoria Hotel Tulungagung, Rabu (1/12/2021). 

Panitia acara Hari Kesehatan Nasional (HKN), Anna Sapti Saripah mengatakan, HKN tahun 2021 mengambil tema Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku. 

“Serangkaian kegiatan berupa lomba, bhaksos dan juga sosialisasi telah usai kita laksanakan” ujarnya. 

Diantara lomba itu, diantaranya, lomba Kasanova, lomba penilaian kinerja puskesmas serta lomba penilaian kinerja nakes dalam rangka penanggulangan covid 19. 

Selain itu, bhakti sosial berupa pembagian telur bagi sasaran vaksinasi lansia disejumlah 19 kecamatan juga usai dilakukan. 

” Upacara HKN secara virtual juga ziarah ke makam Nakes yang meninggal karena covid juga rampung kita laksanakan,” imbuhnya. 

Anna menambahkan, dalam rangka memperingati HKN ke 57 ini, sumber pendanaan diambil dari APBD serta Donatur. 

Alhasil, didalam puncak acara ini, sejumlah 300 Tenaga Kesehatan turut andil dalam memeriahkan serangkaian kegiatan. 

Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung, dr Kasil Rokhmad didalam sambutannya mengaku sedih sekaligus bangga. 

“Ditengah-tengah kita hadir para yatim/janda dari nakes yang telah gugur mendahului kita akibat covid 19,” ungkapnya. 

Meski begitu, hal ini tentunya, menjadi spirit bagi kita sebagai tenaga kesehatan (Nakes) untuk terus bekerja dalam menanggulangi covid 19. 

“Kesedihan selanjutnya, akhir-akhir ini terdapat virus varian-varian baru yang kini sedang tranding topik dimedia sosial,” ucapnya. 

Meski begitu, ia turut bangga dikarenakan Kabupaten Tulungagung mendapat predikat terbaik didalam melakukan penanggulangan covid 19. 

“Tak hanya itu, seluruh puskesmas yang jumlahnya mencapai 32 kini telah menjadi Balai Layanan Umum,” pungkasnya. (Zainul Fuad)