Petrokimia Gresik Raih Penghargaan SNI Award Dengan Nilai Platinum

27 October 2018 - 12:53 WIB
Profesor Bambang Prasetyo bersama salah satu Direktur saat memamerkan produk pupuk andalan PT Petrokimia Gresik
Profesor Bambang Prasetyo bersama salah satu Direktur saat memamerkan produk pupuk andalan PT Petrokimia Gresik

GRESIK (SurabayaPost.id)–Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Profesor Bambang Prasetyo mengungkapkan, PT Petrokimia Gresik meraih penghargaan SNI Award 2018 dengan nilai Platinum. SNI Award adalah penghargaan tertinggi dari pemerintah karena perusahaan plat merah ini dinilai paling konsisten menerapkan SNI.

“Petrokimia Gresik menjadi roh BSN. SNI Award adalah penghargaan prestisius. Dan Petro akan menjadi role model perusahan atau organisasi lain,” kata Bambang saat berkunjung ke Petrokimia Gresik di Wisma Kebomas, Sabtu (27/10).

Bambang menandaskan, diraihnya SNI Award oleh Petro sangat menguntungkan perusahaan, karena akan membangkitkan kepercayaan terhadap produk yang dihasilkan. “Dengan penglolaan perusahaan yang efisien produk-produk Petrokimia akan semakin diterima pasar dalam dan luar negeri,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Petrokimia Gresik Nugroho Christijanto mengatakan SNI Award adalah sebuah penghargaan yang mencerminkan komitmen seluruh karyawan dalam membangun budaya mutu dan menciptakan produk yang berkuwalitas.

“Perusahaan berkepentingan terhadap penerapan SNI didalam produksi dsn peningkatan kualitas produk. Perusahaan berkomitmen memproduksi pupuk sesuai SNI untuk memenhui target pemasaran dengan tetap mempertahankan efisiensi dan produktivitas,” jelas Nugroho.

Nugroho mengungkapkan, Petro mengandalkan kualitas produk yang prima sebagai langkah antisipasi persaingan harga yang sengit termasuk menghadapai impor dengan kondisi eksternal yang semakin dinamis. Hasilnya yang tampak adalah meningkatnya penjualan ekspor tahun 2017 sebesar 100 persen dibanding tahun 2018.

“Dampak lain dari SNI adalah penjualan gypsum untuk produk non pupuk. Dimana sejak diterbitkan 2016 kuantum penjualan meningkat menjadi 20 persen pada tahun 2017 dengan konsumen terbesar adalah i dustri semen baik perusahaan dalam negeri maupun luar negeri,” terangnya.

Sementara itu, PT Petrokimia Gresik di tahun 2018 telah megantongi 95 penghargaan dalam negeri dan internasional. Dari 95 penghargaan 50 lainya adalah penghargaan internasional. (uki)