Sambut Pelantikan Presiden, Kapolda Bersama Para Kapolres Gelar Parade Merah Putih di Bromo 

20 October 2019 - 19:10 WIB
Kapolda Jatim bersama Kapolres Malang Kota saat di Gunung Bromo

PROBOLINGGO  (SurabayaPost.id) – Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Luki Hermawan MSi bersama para Kapolres di Jatim menggelar Parade Merah Putih di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Minggu (20/10/2019). 

Parade merah putih trrsebut digelar dalam rangka menyambut pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 .Sekitar 4.800 bendera merah putih dikibarkan di  berbagai sudut di salah satu gunung yang menjadi ikon Jatim itu.

Setelah melakukan pengibaran bendera merah putih  dilanjutkan dengan doa bersama. Itu dilaksanakan di Puncak Seruni Point.  Masyarakat lintas agama juga ikut doa bersama Kapolda Jatim itu.

Kapolda dan Kapolres bersama Ketua Bhayangkari kala di Bromo

Selain di Gunung Bromo, parade merah putih ini juga digelar serentak di 4 titik destinasi wisata di Jawa Timur. Di antaranya  Jembatan Suramadu Surabaya, Jalan Polisi Istimewa Surabaya termasuk di Kawah Ijen Bondowoso. 

Hanya saja di kawasan Ijen dibatalkan. Sebab  ada pembatalan karena kebakaran hutan di kawasan Gunung Ranti.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan di sela-sela kegiatan kala didampingi Kapolres Malang Kota AKBP Dony Alexander  mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat khususnya Jatim, untuk selalu menjaga keamanan kondusifitas wilayah. Sehingga Jatim senantiasa kondusif. 

“Ya termasuk juga  bersama-sama menyukseskan pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Itu tujuan utamanya,” ujarnya.

Kapolda Jatim juga menjelaskan, “Parade merah putih sengaja dipusatkan di Gunung Bromo karena selain menjadi ikon Jatim dan wisata internasional, kegiatan ini juga untuk mengkampanyekan dan mengajak seluruh masyarakat dan wisatawan untuk menjaga ibu pertiwi agar senantiasa damai dan sejahtera, “ ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda dan para Kapolres menggelar doa bersama masyarakat lintas agama. “Khususnya Warga Tengger yang tinggal di sekitar Gunung Bromo, untuk ikut andil jogo Jatim  dan menyukseskan pelantikan presiden dan wakil presiden. Mari semua masyarakat, Jogo Jatim dan Jogo Indonesia,” tandas Luki.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Malang Kota AKBP Dony Alexander S.ik didampingi beberapa pewira, “Digelarnya kegiatan ini  sebagai bentuk dan upaya Polri dengan menggandeng semua elemen masyarakat Jatim untuk menjaga situasi Kamtibmas Khususnya Jatim

“Baik jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tanggal 20 Oktober 2019 maupun pasca pelantikan agar senantiasa berjalan dengan aman dan lancar,”harapnya.(lil)