Semarak Sambut HUT RI Ke-77, Tim Permata Jingga Cycling Community Awali Kegiatan Dengan Gowes Sejauh 77 KM

12 August 2022 - 21:56 WIB
Tempat start awal kegiatan yang bakal digelar warga Perumahan Permata Jingga Kota Malang (ist)
Tempat start awal kegiatan yang bakal digelar warga Perumahan Permata Jingga Kota Malang (ist)

MALANGKOTA (SurabayaPost.id) – Semarak dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-77,  Tim Permata Jingga Cycling Community awali kegiatan dengan Gowes sejauh 77 kilometer.

Sebagaimana diketahui, antusiasme warga dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI Ke- 77 tampak terlihat di beberapa wilayah sekitar Kota Malang. Salah satunya, di kawasan perumahan elite Permata Jingga.

Berbagai kegiatan sudah dilakukan persiapan secara apik dan matang, dan rangkaian kegiatan itu bakal dimulai pada hari Sabtu 13 Agustus 2022 dengan tema “Launching Giat Agustusan Permata Jingga Family 2022”

Acara tersebut, diawali dengan Gowes sejauh 77 KM yang diikuti oleh anggota Permata Jingga Cycling Community (PJCC) sejumlah 50 peserta.

Ketua Pelaksana Acara Gowes 77 KM PJCC, Suwanto, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan seremoni awal dimulainya rangkaian kegiatan Agustusan Warga Permata Jingga.

Ide Gowes 77 KM itu, kata dia, karena di Perumahan Permata Jingga ada komunitas bagi warga pecinta gowes yaitu PJCC, sehingga dirinya tercetus ide untuk mengadakan acara gowes dengan tema menyesuaikan usia dari Republik Indonesia yang ke 77 tahun.

Tempat start awal kegiatan yang bakal digelar warga Perumahan Permata Jingga Kota Malang (ist)
Tempat start awal kegiatan yang bakal digelar warga Perumahan Permata Jingga Kota Malang (ist)

“Hari ini kami awali dengan kegiatan gowes. Itu kami lakukan jelang kegiatan resmi pada Sabtu (13/08/2022) besok yang start dimulai dari Balai RW 06. Kemudian rombongan akan melintasi wilayah Malang Kota menuju ke arah Bululawang Kabupaten Malang lalu melewati Tumpang, Jabung, Singosari, Karanglo, dan berakhir finish di Taman Bumi Langit Tunjungsekar,” ujar Suwanto.

Secara terpisah, Ketua RW 06 Kelurahan Tunggulwulung Yoga Adhinata, menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan warga dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 77 tahun.

Pria yang lebih akrab dipanggil Mas Erwe itu, menambahkan bahwa selama 2 tahun terakhir di lingkungan perumahannya tidak dapat menggelar acara Agustusan dengan semarak. Hal itu mengingat kondisi Covid saat itu sedang berada di titik puncak dan dipertegas dengan pemberlakuan PPKM di berbagai wilayah khususnya Kota Malang.

Dengan adanya kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah di tahun ini, maka dirinya bersama jajaran Pengurus RW dan RT sepakat untuk membangkitkan kembali gairah dalam menyambut dan merayakan HUT RI ke 77 tahun dengan menggelar berbagai macam kegiatan yang diawali dengan Gowes 77 KM PJCC, kemudian dilanjutkan aneka bazaar, lomba, dan jalan sehat pada tanggal 19 – 21 Agustus 2022.

“Untuk puncak acara akan kami ditutup dengan Giat Fun Bike yang diikuti oleh sekitar 150 Warga Permata Jingga dengan rute keliling Kota Malang dan melewati beberapa tempat heritage atau tempat yang menjadi ikon wisata Kota Malang,”

“Insya Allah Sabtu besok beberapa warga kami akan gowes sejauh 77 KM sesuai dengan usia Republik Indonesia, dan tentunya saya sangat bangga dan memberikan apresiasi mengingat jarak segitu cukup jauh dan sepertinya usia bagi mereka bukan jadi halangan karena semangatnya yang luar biasa semoga semuanya diberikan kesehatan dan kelancaran,”pungkasnya. (lil)