Tiap RT Diharap Bisa Gelar Senam Jantung Bersama Tiap Pekan

1 April 2019 - 15:06 WIB
Senam jantung yang digelar di Kelurahan Lowokwaru terkait HUT Kota Malang yang ke-105

MALANG (SurabayaPost.id) – Warga Kota Malang diharap bisa menggelar senam jantung bersama di tiap RT. Harapan itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Ny Widayati Sutiaji setelah menyaksikan ratusan warga Kelurahan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, mengikuti Senam Jantung sehat bersama di halaman Kantor Kelurahan Lowokwaru, Minggu (31/3/2019).

Kegiatan yang diprakarsai Lurah Lowokwaru Dra Khabibah dan komunitas jantung sehat Malang Community Cardiovascular Care (MC3) itu dihadiri ketua tim penggerak PKK Kota Malang, Ny Widayati Sutiaji, Camat Lowokwaru, H. Imam Badar. Selain itu Kapolsek Lowokwaru, Kompol Pujiyono serta Danramil Lowokwaru, Kapten Kav Sumaryono serta ratusan warga yang terdiri dari 104 RT, 15 RW serta berbagai lapisan masyarakat.

Selama senam mereka dipandu dua instruktur. Mereka adalah Rini Puji Astuti dan Lilik.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Ny Widayati Sutiaji saat memberikan pengarahan dalam acara senam jantung di kelurahan Lowokwaru

Ketua tim penggerak PKK Kota Malang, Ny Widayati Sutiaji mengatakan senam jantung perlu. “Itu demi menjaga kesehatan,” kata dia.

Untuk itu dia berharap agar semua warga mulai tingkat RT, RW hingga Kecamatan bisa menggelar senam bersama secara rutin. “Kelurahan Lowokwaru telah melaksanakan senam keliling seminggu dua kali. Semoga kegiatan seperti ini bisa ditiru dan dilaksanakan oleh kelurahan lain,” katanya.

Sementara itu, Lurah Lowokwaru Dra Khabibah mengatakan, kegiatan ini digelar secara rutin di halaman kantor kelurahan setiap minggu sekali dan setiap bulannya digelar di wilayahnya secara bergantian. “Senam hari ini melibatkan semua ketua RT dan ketua RW, selain itu juga diikuti semua lapisan masyarakat di kelurahan Lowokwaru,” tuturnya.

Camat Lowokwaru Imam Badar sangat mengapresiasi kegiatan yang berkaitan dengan HUT Kota Malang ke-105 tersebut. Menurut dia hampir seluruh kelurahan di kecamatan Lowokwaru menggelar senam jantung bersama tiap pekan.

“Untuk tiap RT memang masih belum dilaksanakan secara terstruktur. Makanya, imbauan bu Wali Kota akan kami laksanakan,” papar dia.

Apalagi, terang dia, secara kelembagaan sudah dilakukan. Sehingga, menurut dia, tinggal mengkoordinasikan untuk pelaksanaan.

Itu mengingat, terang dia, di Kecamatan Lowokwaru sudah bekerja sama dengan lembaga gerontologi. “Karena itu kami tinggal mensinergikan saja. Sehingga tiap RT atau RW bisa melaksanakan senam bersama seperti yang diharapkan Bu Wali,” papar dia. (lil)