Wali Kota Batu: Meski Usia Muda, Prestasi Tak Kalah dengan Kota Lain

17 October 2021 - 17:45 WIB
Wali Kota Dewanti Rumpoko usai memimpin upacara memperingati HUT Kota Batu

BATU (SurabayaPost.id) – Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Minggu (17/10/2021) menjadi Inspektur Upacara Hari Jadi ke 20 Kota Batu,yang dihelat di Halaman Balaikota Among Tani Kota Batu.

Yang perlu diketahui, prosesi upacara yang diikuti seluruh elemen masyarakat Kota Batu tersebut, tetap mengikuti protokol kesehatan dan diselenggarakan secara sederhana. 

Untuk itu, dalam amanatnya, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyampaikan.

“Meskipun Kota Batu masih relatif muda jika dibandingkan dengan Kota/Kabupaten lainnya di Jawa Timur, tapi memiliki prestasi yang tak kalah dengan Kota – Kota lain,” kata Dewanti.

Itu, kata dia, peringatan hari jadi ke-20 Kota Batu ini adalah kali kedua peringatan Hari Jadi yang dilaksanakan tanpa ada kegiatan perayaan yang bersifat masif,itu  akibat dari pandemi Covid-19.

Olehkarene itu, Wali Kota perempuan di Malang Raya tersebut, berharap akhir tahun 2021, bisa mencapai 70 persen dari sasaran dosis 1 dan dosis 2 vaksinasi dapat tercapai. 

” Kendati masih dalam wabah pandemi, Pemda Kota Batu terus fokus melaksanakan program pembangunan. Seperti Revitalisasi Pasar Induk yang akan dilaksanakan pembangunannya akhir tahun 2021. Pembangunan Kereta Gantung Kota Batu yang akan dilaksanakan pada 2022. Serta pembangunan gedung pengujian kendaraan bermotor (Uji Keur) dan gudang Cool Storage produk hasil pertanian pada tahun 2022,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya membeberkean capaian prestasi yang membangakan untuk Kota Batu.

” Diantaranya, adalah WTP 6 tahun berturut-turut, penghargaan Top 99 Kompetisi Inovasi Publik melalui promosi wisata “SIP BANGET” dan peringkat 7 tingkat provinsi dan peringkat 45 Nasional untuk kategori pengawas kearsipan,” jelas Dewanti.

Selain itu, kata dia, dia, Kota Batu meraih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama 2020 dan Kota Layak Anak, dan penghargaan ATMAJA Award untuk Desa Forum anak Punten, serta STBM Award Walikota STBM berkelanjutan dan Kota Terbaik STBM berkelanjutan. 

” Bahkan meraih berbagai prestasi di pendidikan, olahraga PON, hingga kerukunan umat beragama melalui penghargaan “Harmony Award” dari kementerian Agama RI,” timpalnya. 

Yang perlu diinformasikan,  usai upacara diselenggarakan. Wali Kota bersama Forkopimda  meresmikan Balaikota Among Tani ditandai dengan penempatan Prasasti Peresmian Balaikota Among Tani yang ditandatangani Eddy Rumpoko ,mantan Wali Kota Batu,periode sebelumnya,yang notabene Suami Dewanti Rumpoko. (Gus)