Wali Kota Dewanti Serahkan SK pada 217 CPNS

29 March 2019 - 18:53 WIB
Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko didampingi anggota DPRD Kota Batu Didik Machmud dan Kepala BKD Siswanto.

BATU (SurabayaPost.id) – Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko, menyerahkan secara simbolis SK pada 217 CPNS Pemkot Batu, di Gedung Graha Pancasila Balaikota Among Tani,Kota Batu, Jumat (29/3/2019).

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota Batu itu masuk tahun anggaran 2018. Mereka terbagi pada 61 CPNS laki – laki, 156 perempuan.

Untuk diketahui,dalam penyerahan SK tersebut yang hadir, Kajari Batu Sri Heny Alamsari, Ketua Komisi C DPRD Batu Didik Machmud, Kantor Pegadaian Malang, Asisten beserta Pimpinan SKPD Kota Batu serta para CPNS dan keluarga yang mendampingi.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Batu, Drs Siswanto dalam rangka mewujudkan pegawai yang disiplin dan memiliki semangat kerja yang tinggi,langkah awal sebelum bekerja dan mengabdi di Pemerintah Kota Batu.

“Semua CPNS hasil pengadaan TA 2018 telah diikutkan pembekalan selama dua hari,dari tanggal 25 – 26 Maret 2019 di Dodil Bela Negara Rampal.Dengan maksud dan tujuan untuk menumbuhkembangkan jiwa dan semangat nasionalisme dan cinta tanah air.Dan memberikan pemahaman watak terhadap etika birokrasi dan attitude sebagai CPNS.

Mengerti akan bahaya penggunaan narkoba dan menjauhinya serta yang terakhir bijak dalam bermedia sosial sebagai CPNS,” kata Siswanto.

Lebih jauh,Siswanto menjelaskan bahwa hasil pengadaan CPNS TA 2018 yang menerima SK berjumlah 217, CPNS laki laki jumlah 61, CPNS Perempuan berjumlah 156.

“Sejumlah 174 terdiri dari guru, dan sejumlah 35 orang terdiri,dari Formasi kesehatan,sedangkan formasi tenaga teknis sejumlah 8 orang, serta dengan jumlah golongan 3/a: 189, 3/b:7 ,golongan 2/c:21.Dari sejumlah 217 CPNS tersebut,yang 100 CPNS merupakan warga asli Kota Batu,” terangnya.

Sementara itu, Dewanti Rumpoko memperkenalkan para pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Batu terhadap ratusan CPNS tersebut.

“Kepada seluruh CPNS hendaknya memiliki etika, tata krama dan sopan santun serta biasakan menegur dan menyapa kepada senior,pimpinan dan atasannya,” pesannya.

Untuk itu, Dewanti Rumpoko menghimbau kepada PNS Kota Batu untuk memperkenalkan batik khas Kota Batu, khususnya saat dinas luar. Menurutnya, sebagai PNS selain memiliki hak juga mempunyai kewajiban yang harus dilakukan serta aturan dan ketentuan yang harus ditaati.

“Yang perlu diperhatikan, CPNS itu tidak otomatis menjadi PNS, karena akan ada penilaian dan ketentuan yang harus ditaati.

Terutama terkena masalah hukum atau narkoba, serta masalah yang lain. Maka komunikasikan setiap pekerjaan dan permasalahan yang akan dihadapi dengan atasannya,” pungkasnya. (gus)