Wawww…. Pemkot Batu Raih Penilaian WTP yang Kelima Kalinya

30 June 2020 - 19:03 WIB
Wali Kota Dewanti Rumpoko

BATU (SurabayaPost.id) – Prestasi Pemkot Batu luar biasa. Sebab Pemerintah Kota Batu kembali meraih penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Timur (Jatim).

Penilaian tersebut membanggakan semua kalangan. Termasuk Walikota Batu Dewanti Rumpoko. Dia mengaku sangat bangga dengan prestasi tersebut, Selasa (30/6/2020).

Menurut Walikota perempuan yang pertama di Malang Raya yang sapaan akrabnya Bude ini, penilaian WTP itu bukan yang pertama kalinya..namun sudah kesekian kalinya..

“Kalau sudah dapat lima kali WTP biasanya dapat penghargaan juga. Ya karena dalam situasi dan kondisi seperti ini, alhamdulillah ini berkat kerja keras dan kerja yang benar semua pihak dalam bekerjasama,” katanya.

Itu kata dia termasuk kerjasama dengan DPRD Batu. Selama ini, kerja sama tersebut berlangsung dengan baik.

Berkat kerja sama yang baik itu, kata dia, bisa mendapat penilaian WTP ini. Menurutnya penilaian itu bukan seperti menilai dengan huruf A, B dan C.

“Jadi nilai WTP itu sangat berharga. Sebab merupakan hasil kerja sama semua pihak. Bagaimana semua dinas menjalankan programnya, dan kemudian dilaporkan sesuai dengan standar akuntabilitas yang disarankan BPK. Ya prosesnya begitu sulit,” Terang dia..

Dijelaskan dia, , WTP yang diraih Pemkot Batu merupakan penilaian di tahun 2019. Hasilnya diumumkan tahun 2020.

Sekadar diketahui, Pemkot Batu meraih WTP dari BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur untuk kali ini merupakan kali kelima yang diterima oleh Pemkot Batu. Berdasarkan arahan BPK, Kepala Daerah bisa memberikan instruksi agar keuangan daerah seimbang dan digunakan sesuai prosedur.

Karena itu, Wali Kota Dewanti Rumpoko merasa sangat bangga dengan penilaian WTP untuk Pemkot Batu. Apalagi penilaian tersebut merupakan Opini WTP yang kelima kali secara berturut-turut yang diterima sejak 2016 silam hingga pada tahun 2020 ini. (Gus/ADV)