Dalam Bertugas Bripka Taufik Banyak Dipuji Warga, Kapolres Batu Pesan Jangan Kecewakan Masyarakat

Bripka Taufik bersama warga Tulungrejo saat Curhat Kamtibmas (Ist)
Bripka Taufik bersama warga Tulungrejo saat Curhat Kamtibmas (Ist)

BATU (SurabayaPost.id) – Bhabinkamtibmas Polsek Bumiaji Bripka Taufikurahman banjir pujian dari warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Datangnya apresiasi dan pujian tersebut, lantaran program curhat Kamtibmas merupakan program unggulan Sat Binmas Polres Batu dalam menjaga Harkamtibmas sekaligus sebagai wadah menampung keluhan, saran,dan pendapat yang disampaikan melalui Bhabinkamtibmas,Taufik secara  langsung pada warga binaanya di Desa Tulungrejo, Sabtu (5/10/2024)

Untuk diketahui Pria berasal dari kepulauan Nusa Tenggara ini, salah satu Bhabinkamtibmas Polsek Bumiaji  kehadirannya selalu ditunggu – tunggu oleh warga desa setempat.

Pria yang selalu tersenyum ketika berhadapan dengan warga ini, dia terkenal akrab dari semua kalangan. Setiap ada acara di lingkungan baik tingkat RT, RW,atau desa, ia selalu menyempatkan hadir.

Menariknya meski pujian masyarakat tersebut terus mengalir, ternyata tak membuat Taufik bangga dan besar kepala, alasannya karena semua yang ia lakukan ditengah-tengah masyarakat tersebut,merupakan hal biasa dan menurutnya suatu kewajiban bagi setiap orang.

“Maaf,berupa sanjungan dan lain sebagainya, merupakan beban berat bagi saya, dan itu hal yang biasa saja. Saya memang selalu tergerak untuk turun ke warga apabila ada kegiatan yang mengharuskan Polri hadir di tengah – tengah warga. Selain saya selalu tergerak, hal itu merupakan instruksi dari pimpinan agar selalu humanis dengan masyarakat,” papar Taufik, disela kesibukannya saat memberi himbauan kepada warga terkait Pilkada Kota Batu 2024, Jumat (6/10/2024).

Itu papar dia,memang sudah tugasnya seorang anggota Bhabinkamtibmas dan anggota Polri secara umum untuk selalu dekat dengan warga masyarakat seperti yang diamanatkan dalam UU No 2 tentang Kepolisian, salah satu tugas Polri adalah Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat.

“Sebagai pelayan,kita harus sigap , segera turun tangan ataupun malah harus jemput bola kalau perlu belanja masalah istilahnya,” katanya.

Ini kata dia,guna mengetahui sejauh mana munculnya ambang gangguan yang ada di wilayah, agar segera bisa ditangani dan tidak berkembang menjadi ganguan nyata.

Demikian,pria segudang prestasi ini,  mulai dari piagam sebagai siswa tertabah pada Dikbangspes Brigadir Tipiring tahun 2013 di Pusdik Gasum Porong, dan disusul dengan reward sebagai Bamin terbaik Sat Sabhara Polres Batu tahun 2014, kemudian sebagai Bhabinkamtibmas terbaik Polres Batu Tahun 2018, selanjutnya penghargaan sebagai salah satu Bhabinkamtibmas yang terbanyak mendaftarkan warga untuk mendapatkan Bantuan UMKM di Polres Batu tahun 2019.

Tak hanya itu,Taufik juga menyabet reward sebagai Bhabinkamtibmas terbaik Polres Batu dalam Kapolda Award tahun 2021 di Mapolda Jatim dan reward sebagai Bhabinkamtibmas terbaik dari Kapolres Batu Tahun 2023.

Tak cukup sampai disitu,ia juga turut andil besar dalam mensukseskan pembentukan Kampung Tangguh Semeru, Kampung Toga Dusun Gerdu Desa Tulungrejo pada Masa Covid-19 dari Tahun 2019 sampai dengan sekarang masih berjalan untuk mendukung perekonomian warga.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Pranata mengaku sangat bangga dan mengapresiasi pada anggota Polres Batu yang sudah mau turun ke tengah masyarakat.

“Awal saya dilantik sekitar tiga setengah bulan lalu,salah satu Comander Wish yang saya tekankan adalah Polri harus maksimal dalam melayani masyarakat,” ujar Andi sapaan akrab Kapolres Batu.

Langkah anggota seperti itu, menurutnya sangat betul dan memang harus seperti itu.

“Seperti Bripka Taufik, baik untuk anggota Bhabinkamtibmas, Polisi RW ataupun anggota yang lain agar selalu melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Jangan kecewakan masyarakat karena sesungguhnya Polri dipercaya oleh masyarakat untuk menjaga mereka, untuk membuat meraka aman, maka laksanakan dalam betugas dengan baik,” tegasnya.

Untuk itu,pihaknya berharap semangat dan dedikasi seluruh anggota Polres Batu tidak akan luntur dalam menjalankan tugas.

“Kami sadar bahwa menjalankan seperti itu tidak mudah, namun kami bersama seluruh anggota dengan didukung oleh jajaran Pemerintah,TNI dan semua elemen masyarakat, InsyAllah Polres Batu siap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kota Batu tercinta,” pungkasnya.(Gus)