Bentuk Satgas Recovery Ekonomi Daerah, Wali Kota: Harus Ada Pemetaan Sektor

27 July 2020 - 16:27 WIB
Wali Kota Malang Sutiaji saat rakor untuk pemulihan ekonomi

MALANG (SurabayaPost.id) – Demi memulihkan pertumbuhan perekonomian Kota Malang di masa pandemi Covid-19, Walikota Malang, H. Sutiaji akan membentuk Satgas Recovery Ekonomi Daerah. Hal tersebut diungkapkan Walikota Sutiaji usai pelaksanaan rakor dengan seluruh Perbankan di Kota Malang, di Balai Kota Malang Senin (27/7/2020).

Rakor tersebut diikuti oleh perbankan, PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Malang, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). “Kita akan membentuk satgas recovery ekonomi sesegera mungkin,” ujarnya.

Tim satgas ini, lanjutnya sebagai salah satu upaya untuk memulihkan perekonomian di Kota Malang. Yang mana, semenjak kemunculan Covid-19 pada Maret 2020 lalu hingga saat ini masih dinilai belum stabil.

Suasana saat rakor

“Dengan begitu nanti akan ada pemetaan sektor mana saja yang siap mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kota Malang,” tegasnya.

Apalagi saat ini pertumbuhan ekonomi nasional ditargetkan mencapai angka 1 hingga 2 persen. “Kita lihat nanti restrukturisasinya, sektor-sektor mana yang harus dibangkitkan. Nanti itu setelah ada satuan tugas, kita masih perlu analis lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Azka Subhan Aminurridho menanggapi perihal pembentukan satgas recovery ekonomi sebagai salah satu upaya untuk kembali memperluas sektor perekonomian khususnya di Kota Malang.

Kepala Perwakilan BI Malang Azka Subhan Aminurridho

Nantinya, yang terlibat di dalamnya merupakan seluruh pelaku ekonomi di Kota Malang. “Satgas itu nanti mintanya dari BI ada, OJK juga ada dan yang lainnya. Istilahnya kalau kita menyebut itu pentahelix,” paparnya.

Azka menyatakan bahwa yang terdampak kuat covidv19 diantaranya sektor jasa dan pariwisata. “Karena itu yang menjadi sektor andalan yang perlu dibangkitkan lagi,” pungkasnya. (aii)