Dewanti Serahkan Cincin Jokowi Pada Pendonor Darah 100 Kali 

19 September 2019 - 21:38 WIB
Secara simbolis penghargaan diberikan oleh Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si selaku inspektur upacara HUT PMI. Penghargaan dan hadiah tersebut merupakan pemberian dari Presiden RI Joko Widodo karena Enny Yulistyorini telah melakukan donor darah sebanyak 100 kali. 

BATU (SurabayaPoat.id) – Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko menyerahkan cincin Jokowi pada pendonor yang sudah 100 kali mendonorkan darahnya. Penyerahan itu dilakukan disela-sela upacara HUT  ke – 74 Palang Merah Indonesia (PMI) yang digelar di Lapangan Timur Balaikota Among Tani Kota Batu, Selasa (17/9/2019).

Upacara yang diinspektori Wali Kota Dewanti Rumpoko itu diikuti berbagai pihak dan kalangan.  Di antaranya Wakil Walikota Batu yang juga Ketua PMI Kota Batu Ir, H ,Punjul Santoso, Forkompinda, Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo,

Selain itu Kajari Batu Sri Heny Alamsari, Wakapolres Batu Kompol Zein Mawardi, Pabung Kodim 0818 Batu-Malang Mayor Arm, Choirul Effendi. Lalu,  Kemenag Batu Drs, Nawawi, Kepala BNN Batu AKBP Mudawaroh serta Sekda beserta Kepala OPD Kota Batu, serta seluruh PMI dan PMR SMP – SMA se-Kota Batu.

Para penerima.penghargaan dan piala dalam lomba yang berkaitan dengan HUT PMI

Wali Kota Dewanti Rumpoko kala itu menyematkan  cincin dan memberikan penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial Pendonor Darah Sukarela 100 Kali. Penerima cincin emas sebagai penghargaan dari Presiden Jokowi itu diberikan kepada Enny Yulistyorini. 

Itu karena warga Jalan Gajahmada gang Belik, Sisir, Kota Batu ini sudah mendonorkan darahnya sebanyak 107 kali.  Sehingga dia berhak menerima penghargaan tersebut. 

Pada kesempatan tersebut Dewanti menyampaikan bahwa PMI merupakan  satu-satunya perhimpunan nasional di Indonesia yang menjelma menjadi kekuatan dalam menggalang semangat berkarya untuk pelayanan kemanusiaan. Selain mendorong dan memberdayakan masyarakat agar tetap berpegang teguh pada prinsip dasar gerakan internasional palang merah.

“PMI merupakan perhimpunan yang memegang prinsip kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan. Karena itu untuk terus meningkatkan kualitasnya PMI harus mampu membangun organisasi dan SDMnya dalam menghadapi berbagai tantangan maupun bencana,” urai Dewanti. 

Selain itu, Dewanti meminta agar PMI terus mengedepankan berbagai kegiatan seperti peduli tanggap bencana bersama masyarakat Kota Batu. Menurutnya PMI Kota Batu telah melaksanakan peran penting dalam penanggulangan korban bencana alam.

“Saya berharap peran ini dapat lebih ditingkatkan lagi. Serta mampu bersinergi dengan instansi lain dalam memberi pertolongan secara optimal maupun menangani setiap bencana yang terjadi,” bebernya.

Bahkan ia juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota PMI Kota Batu yang telah membaktikan tenaga dan waktunya untuk memberikan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat Kota Batu. 

Tak hanya itu, Bude, sapaan akrab Dewanti mengungkapkan bahwa PMI selama ini sudah tak mengenal lelah dalam melakukan hal yang terbaik untuk pelayanan kemanusiaan. Serta kepada pendonor darah asal Kota Batu yang telah menolong dan bermanfaat bagi sesama. 

“Saya minta aga PMI terus menginformasikan, mensosialisasikan, dan mengedukasi masyarakat untuk melakukan donor darah. Karena bertujuan untuk kesehatan. Baik bagi pendonor dan penerima darah,” bebernya kepada Malangpostonline.com

Sementara itu, Enny Yulistyorini penerima penghargaan sangat berterima kasih atas penghargaan yang diberikan kepadanya. Hingga saat ini, Enny telah mendonorkan darah sebanyak 107 kali.

“Saya sangat bangga dan berterima kasih dengan penghargaan yang diberikan oleh Presiden RI. Saya berharap dengan apa yang saya dapatkan ini mampu memotivasi masyarakat Kota Batu untuk mendonorkan darah agar bermanfaat bagi sesama,” tandasnya. (gus)