Jaksa Jaga Desa, Kajari: Biar Rakyat Sejahtera

14 October 2020 - 14:05 WIB
Kepala Kejari (Kajari) Kota Batu, Dr Supriyanto SH MH

BATU (SurabayaPost.id) – Wawww…! Terobosan Kepala Kejari (Kajari) Kota Batu, Dr Supriyanto SH MH luar biasa. Dia meluncurkan program Jaksa Jaga Desa dengan harapan agar rakyat sejahtera.

Program yang bakal memanfaatkan aplikasi teknologi tersebut menggandeng Pemkot Batu. Untuk itu, Kajari Dr Supriyanto melakukan koordinasi dengan Wali Kota Dewanti Rumpoko, Camat dan Kades/Lurah serta OPD terkait di Gedung Rupatama, lantai lima, Among Tani, Kota Batu, Selasa (13/10/2020).

Kajari Batu Dr Supriyanto SH MH mengakui hal tersebut usai koordinasi terkait program kerjanya itu. Menurut Supriyanto, koordinasi itu digelar dengan jajaran Pemkot Batu. Khususnya para Kades, Lurah dan Camat serta beberapa OPD.

“Saya punya program jaga desa. Namanya Jaksa Menjaga Desa, Sejahtera. Itu meliputi berbagai tugas di bidang Intel maupun Datun,” katanya.

Para Lurah/Kades dan Camat saat mengikuti koordinasi dengan Kajari Dr Supriyanto SH MH dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko

Di bidang Intel, menurutnya ingin menjaga desa. Baik dari sisi ideologi, politik sosial budaya dan pertahanan keamanan yang ada di desa.

” Kita jaga supaya desa tetap aman nyaman dan terkendali. Di bidang Datun bersama-sama dengan Intel juga melakukan pendampingan berbagai kegiatan di desa terutama di bagian keuangan desa supaya teman- teman Kepala Desa bisa melaksanakan program-programnya dengan baik,” harapnya.

Dia berharap dengan pendampingan program tersebut bisa tepat sasaran, tepat waktu tepat mutu. Selain itu tepat administrasi dan bisa maksimal serta tidak ada permasalahan hukum di kemudian hari

“Mekanismenya kami membuka diri ruang seluas-luasnya kepada jajaran pemerintah desa untuk berkonsultasi jika ada masalah apapun yang ada di desa. Termasuk menyangkut Ipoleksosbud Hankam,” paparnya.

Lantas, dia memberi contoh soal kerawanan-kerawanan yang ada. Misalnya, menurutnya, Intel Kejaksaan harus melakukan pemantauan dan membantu untuk menyelesaikannya.

“Ataupun masalah hukum lainnya, baik perdata dan pengelolaan keuangan dan sebagainya. Kami membuka ruang untuk berdiskusi dengan mereka untuk memetakan masalahnya. Kami siap mencarikan solusi dari sisi hukumnya,” tegasnya.

Terkait dengan program mulai tersebut, dia menegaskan bila sudah disampaikan pada mereka. “Istilahnya untuk memaksimalkan pelaksanaan program ini. Kami juga sudah menyiapkan aplikasi untuk program tersebut,” pungkasnya. (Gus)