Mbah Nun Ingatkan Krisis 2023 di Depan Mata

17 October 2022 - 06:36 WIB

JOMBANG (SurabayaPost.id)–Krisis global, krisis dalam negeri sudah didepan mata. Indonesia sudah tidak bisa lagi hutang karena kebanyakan hutang. Sementara China dan negara lain juga tidak bisa mengutangi lagi karena sedang kesulitan keuangan.

Hal itu disampainan Mbah Nun didepan ribuan jamaah Maiyah yang berkumpul di Kawasan Saieda Estate Wonosalam Jombang, Sabtu (5/10/2022) malam, Emha Ainun Najib (Cak Nun) mengingatkan indonesia sedang tidak baik-baik saja.

Hadir dalam acara tersebut CEO Saieda Yusron Aminulloh, Wakapolres Jombang, Kepala Bapeda Jombang, Anggota DPRD Jombang dan ribuan masyarakat Wonosalam dan Jamaah Maiyah Jawa Timur.

“Gimana, lha wong negara China yang biasanya memberikan pinjaman atau hutang pada Indonesia juga dalam kondisi sulit’ China sudah tidak bisa memberikan pinjaman. Sisi lain Indonesia sendiri juga tidak bisa lagi berhutang dan sudah tidak kuat membayar bunga hutang tersebut,” terang Cak Nun.

Karena itu, kata Cak Nun, kita semuanya harus siap-siap ketika krisis tersebut benar-benar terjadi. Kita harus ber-swa sembada pangan sendiri. Melindungi hidup kita sendiri, karena kita tidak bisa berharap banyak adanya bantuan-bantuan pemerintah.

“Tapi arek-arek iki lak aneh, sakti-sakti, Uripe susah sik wani rabi. Gak nyambut gawe wani duwe anak. Anak siji sik tetep durung kerjo tapi wis wani duwe anak maneh (Anak-anak ini aneh dan sakti-sakti. Hidup susah berani menikah. Belum dapat pekerjaan sudah berani punya anak anak satu. Punya anak satu masih belum bisa bekerja sudah berani nambah anak lagi),” urai Cak Nun disambut tawa jamaahnya.

Menurut Cak Nun, ketahanan masyarakat yang luar biasa tersebut menjadi modal kuat untuk tetap bisa bertahan hidup di tengah badai krisis apapun. Kita ini sudah berhasil melewati berkali-kali krisis, tetapi kita gtetap bisa melewatinya. Dan semuanya atas pertolongan dari Allah SWT.

“Makanya malam ini kita harus memperbanyak doa, wis ga iso ngandalno sopo-sopo , selain pertolongan dari Allah SWT,” ajak Cak Nun dalam acara Sinau Bareng yang diselenggarakan Saieda Estate dan Dedurian Park Wonosalam Jombang. (uki)