Mendagri Bersama Ketum TP PKK Pusat Launching Sejuta Masker

7 August 2020 - 20:02 WIB
Mendagri M Tito Karnavian

MALANG (SurabayaPost.id) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian bersama Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga pusat (TP-PKK) Tri Tito Karnavian melaunching Gerakan Sejuta Masker (GSM), Jumat (7/8/2020). Gerakan yang menindak-lanjuti perintah Presiden Joko Widodo untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 itu di-launching di Pendopo Kabupaten Malang, Jatim.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Emil Dardak. Selain itu, Bupati Malang Sanusi, Walikota Malang Sutiaji, Walikota Batu Dewanti Rumpoko.

Pejabat Eselon I dari pusat juga hadir. Itu seperti Dirjen Kependudukan Dan Catatan Sipil Zudan Arif Fakrullah, Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal ZA, yang juga diikuti seluruh bupati dan walikota lainnya Se-Jawa Timur melalui video conference.

Dikesempatan ini, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dan Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian akan melaunching Pembagian Masker yang berjumlah 26 juta di Kabupaten Malang.

Sebelumnya, kegiatan launching sejuta masker tersebut, telah dilakukan di Kabupaten Gowa dengan gerakan sejuta masker pada tanggal 8 Juli lalu, di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, juga dilakukan launching Gerakan Bagi Masker 2,5 juta yang dilakukan pada tanggal 5 Agustus lalu, dan pada tanggal 6 Agustus kemarin juga dilakukan Gerakan Bagi Masker 2,5 juta di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Dalam rilisnya, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar mengungkapkan agenda tersebut sebagai realisasi dari jawaban tantangan Mendagri kepada para kepala daerah, apabila ada daerah yang bisa lakukan gerakan sejuta masker maka Mendagri akan hadir secara langsung sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap pemerintah daerah yang memiliki gagasan dan program riil dalam melakukan gerakan melawan Covid-19.

“Sebelumnya Pak Mendagri berjanji melontarkan ‘tantangan’ kepada para kepala daerah, apabila ada daerah yang bisa lakukan gerakan sejuta masker maka Mendagri akan hadir secara langsung. Hari ini (Jumat 7/8) Kabupaten Malang telah dilakukan Launching Gerakan Bagi Masker berjumlah 26 juta masker, nah ini patut dan selayaknya diapresiasi bagi daerah-daerah yang miliki keseriusan dalam melakukan gerakan melawan Covid-19 sebagai model untuk dipraktikan di daerah lain,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Bahtiar, dirinya mengajak semua elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif mengkampanyekan gerakan bagi masker dan khusus untuk gerakan bagi masker di Jawa Timur dengan #JatimLautanMaskerPKK.

“Ini merupakan gerakan luar biasa dan layak diapresiasi karena program ini bertujuan untuk membangun komitmen bersama dan menggugah kesadaran masyarakat di Jatim pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar mengenakan masker,” tukasnya. (Lil)