Nyaru TNI, Minta Sumbangan Lalu Diamankan di Kantor Koramil Batu

1 October 2021 - 03:49 WIB
NYaru TNI untuk mempermudah cRi sumbangan

BATU (SurabayapPost.id) – Menyaru jadi TNI, dengan berseragam lengkap berpangkat Mayor, Suhartono Prasetyawan ( 47)  keliling meminta sumbangan kepada beberapa pengusaha di wilayah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu. Karena itu warga Kelurahan Mergan, Kecamatan Sukun, Kota Malang itu diamankan  di Kantor Koramil Kota Batu, Kamis (30/9/2021). 

Hal terserbut, dibenarkan Danramil 0818/02, Batu, Kapten Abdul Qodir, Kamis, 30/9/2021.

” Pria berseragam TNI berpangkat Mayor tersebut, merupakan TNI gadungan, dengan modus meminta sumbangan dengan dalih untuk kepentingan HUT TNI,” kata Qodir.

Sekadar diketahui, warga Kelurahan Songgokerto, Kota Batu sempat digegerkan dengan kedatangan anggota TNI berpangkat Mayor yang keliling mencari sumbangan untuk kegiatan HUT TNI ke 71.

Praktis, dengan aksinya tersebut, pelaku mengaku sudah berhasil mendatangi sejumlah 8 pengusaha villa di wilayah Songgoriti,dengan menyodorkan proposal minta sumbangan.

Dari aksinya pelaku tersebut, sempat mau jadi sasaran amukan warga,dan beruntung sang pelaku segera diamankan jajaran anggota TNI 0818/02 Kota Batu.

Setelah diamankan, menurut Qodir, saat ditanya kesatuannya, dan ditanya juga kartu anggotanya, ternyata pelaku tidak bisa menunjukan dan memilih bungkam.

“Pelaku saat ini diamankan di Kantor Koramil Kota Batu.Pelaku diamankan sekitar pukul 15.00 WIB dikawasan Songgoriti.Dalam menjalankan aksinya pelaku mengunakan sepeda motor dengan plat dinas kesatuan Kodam V Brawijaya,” paparnya.

Itu, papar dia, sang pelaku tersebut, menurutnya adalah mantan satpam di salah satu hotel.

“Barang bukti kita amankan berupa uang senilai Rp 435 ribu yang diduga hasil memeras kepada beberapa pengusaha villa di Kota Batu. Sedangkan sepeda motor yang dipakai merupakan plat palsu yang seolah-olah kendaraan dinas,” terangnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Batu, Iptu Yussy Purwanto, mengaku terkait TNI gadungan tersebut langsung ditindak lanjuti pihak kepolisian Polres Batu.

“Pelaku sudah kita bawa ke Polres Batu untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan kita tunggu hasil pemeriksaannya nanti,” timpal Yussi (Gus)