Pemberlakuan PSBB Hari Pertama, Bupati Gresik Minta Kades Segera Bagikan BLT Warga Terdampak Covid19

28 April 2020 - 12:42 WIB

GRESIK (SurabayaPost.id)—Mengawali pemberlakuan PSBB diwilayah Kabupaten Gresik, Selasa (28/4) hari ini, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto langsung memerintahkan  agar seluruh  Kepala Desa (Kades) segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) kepada masyarakat terdampak Covid-19.

“Minggu ini wajib dikeluarkan. Tidak usah menunggu aturan Perbup,” ujar Sambari usai melakukan apel pasukan pembukaan PSBB di Halaman Kantor Pemkab Gresik, Selasa (28/4).

Sambari meminta Kades segera melakukan mengeksekusi, yakni setiap warga terdampak mendapatkan Rp 600 ribu per KK selama tiga bulan sejak April, Mei dan Juni 2020 yang bersumber dari DD. “Tapi harus dipertanggungjawabkan dengan baik,” imbuhnya.

Wakil Bupati Gresik Moh Qosim menambahkan, sejak PSBB diberlakukan, maka dampak sosial harus segera ditangani. “Camat harus merintah desa untuk Musdes,” ungkapnya.

Dijelaskan, Musdes harus dilakukan sebab menjadi kunci legalitas pencairan BLT. Selain itu, mempercepat pendataan diluar PKH dan BPNT.

Ditambahkan Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, PSBB resmi diberlakukan hari ini, Selasa (28/4/2020). Nah, selama tiga hari kedepan PSBB ini lebih mengedepankan himbauan.

“Sejak 1 Mei hingga seterusnya akan dilakukan teguran dan tindakan,” ungkap mantan Kapolres Jember itu.

 

Gresik Terima Bantuan Rp22 Miliar Dari Pemprov Jatim

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Gresik juga mendapat bantuan sembako 7,5 ton dan dana sebesar Rp22 miliar untuk warga terdampak Covid-19, Senin (27/4/2020).

Bantuan sembako berupa beras sebanyak 5 ton, telur 1 ton, mie Instan 500 Dos dan daging ayam beku sebanyak 1 ton. Bantuan itu diantarkan kangsung oleh tim dari Pemprop Jawa Timur yang dipimpin oleh Suban Wahyu Diono, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Propinsi Jawa Timur.

“Untuk bantuan daging ayam beku menunggu kesiapan cold storage. Bantuan dana sebesar Rp22 miliar kami menunggu rekening resmi dari Pemerintah Kabupaten Gresik. Pesan dari Gubernur, agar bantuan ini bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin, untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19 ini. Untuk bantuan dana, Kami mohon pihak Pemkab Gresik untuk menyiapkan rekening Secepatnya dan dikirimkan ke kami agar segera kami proses,” kata Suban.

Menanggapi terkait bantuan tersebut, Sambari menyampaikan terima kasih atas bantuanya dan akan segera didistribusikan kepada masyarakat.

“Untuk rekening, akan kami rapatkan secepatnya dengan Tim Gugus Tugas yang lain, untuk memnentukan rekening yang mana yang boleh dipakai,” tandas Sambari

Sementara Kepada Kepala BPBD Gresik, Tarso Sagito untuk segera mengadministrasikan semua bantuan dan menyiapkan rekening sesuai aturan yang berlaku.

“Tolong koordinasikan dengan pihak Pemprov Jatim tentang alokasi bantuan dana tersebut dan peruntukannya tentunya sekaligus pertanggungjawabannya,” pinta Sambari kepada Tarso. adv