Pemilu, Forkopimda Bakal Patroli Bersama

3 April 2019 - 18:46 WIB
Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri SIK MH
Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri SIK MH

MALANG (SurabayaPost.id) – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang bakal melakukan patroli bersama. Patroli tersebut dilakukan H-1 Pemilu dan kala Pemilu dilaksanakan 17 April 2019.

Rencana Forkopimda melakukan patroli itu diungkapkan Kapolres Malang Kota (Makota), AKBP Asfuri SIK MH. “Kemarin, Selasa (2/4/2019) kami lakukan rakor pemantapan pemantauan pengamanan pemilu,” kata dia, Rabu (3/4/2019).

Hasil rakor (rapat koordinasi) itu, menurut Asfuri, satu diantaranya adalah melaksanakan patroli bersama. Patroli yang akan dilakukan Forkopimda itu dilaksanakan H-1 pemilu dan saat pencoblosan pemilu.

“Patroli bersama yang dilakukan Forkopimda itu untuk memastikan keamanan dan ketertiban. Makanya, kami (TNI/Polri bersama Pemda) di Forkopimda perlu melakukan patroli bersama,” papar dia.

Selain itu, Asfuri juga mengatakan bila dalam pengamanan pemilu nanti akan menurunkan 600 personel. Sebanyak 428 personel akan diturunkan ke TPS. Sedangkan sisanya ditugaskan untuk patroli.

Menurut dia, mereka ditugaskan untuk patroli agar Pemilu berjalan dengan kondusif. Mereka akan memantau daerah-daerah yang berpotensi rawan.

“Sampai sekarang memang hasil kajian belum ada daerah yang rawan. Tapi, harus ada antisipasi dan kewaspadaan. Terutama di TPS yang berdekatan dengan Posko Pemenangan atau dekat rumah Caleg,” katanya. (lil)