Perbaikan Sembilan Titik Ruas Jalan Telan Anggaran Rp 12 Miliar

26 June 2019 - 19:45 WIB
Kabid Binamarga Dinas PUPR Pemkot Batu Alfi Nurhidayat,
Kabid Binamarga Dinas PUPR Pemkot Batu Alfi Nurhidayat,

BATU (Surabayapost.id) – Untuk menciptakan kondisi jalan yang baik, nyaman dan aman, Pemkot Batu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan perbaikan sembilan titik ruas jalan. Perbaikan tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus  (DAK) sebesar Rp 12 miliar.

“Perbaikan ruas jalan  di sembilan titik itu dijadwalkan mulai awal bulan depan. Sebab proses Lelang nya sudah selesai,” kata Kadis PUPR Pemkot Batu, H Himpun melalui Kabid Binamarga Dinas PUPR Pemkot Batu Alfi Nurhidayat, Rabu (26/6/ 2019).

Menurut Alfi Nurhidayat yang sapaan akrabnya Alfi itu perbaikan tersebut  untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Baik itu bagi wisatawan maupun masyarakat Kota Batu.

“Di seluruh ruas jalan yang diperbaiki itu tersebar di wilayah Kota Batu. Selain perbaikan ada  akan dilakukan pelebaran,” kata Alfi.

Dia sebutkan seperti di ruas jalan Pendem, Sekarputih, Kalimalang. Selain itu beberapa lokasi ruas jalan yang tersebar di Kota Batu..

Meski begitu dia menjelaskan bila perbaikan itu sebenarnya sudah mulai dilakukan sebelum lebaran. Itu, kata dia merupakan tahap pertama.  

Sedangkan tahap kedua, kata dia, ada sembilan titik yang akan diperbaiki. Anggarannya kata dia dari DAK sebesar Rp 12 miliar. Perbaikan itu dengan melakukan peningkatan kualitas. Sebab pengaspalannya dihotmix secara total.

Dia sebutkan seperti di jalan ruas Metro,  ruas Cemara, ruas jalan Sidomulyo Gunungsari yang bakal dilakukan pelebaran. Mengingat ruas jalan Sidomulyo Gunung Sari termasuk grand desain sebagai  ruas jalan alternatif untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi.

Selain itu, menurut dia, jalan untuk masuk  dan keluar Kota Batu, di jalan Gunungsari. Menurutnya jalan tersebut akan dipetakan sebagai jalan penghubung ke ruas jalan Gunungsari hingga arah jalan keluar ke Pujon.

“Dengan begitu  para pengunjung ke Kota Wisata Batu bisa masuk dan keluar ke Kota Wisata Batu lewat arah Pujon. Itu bisa  melalui Dusun Brau,” jelasnya.

Karena itu,  kata dia, kini masih dalam tahapan penandatanganan kontrak kerja dengan para pemenang lelang. “Target kita ini selama 150 hari harus sudah rampung. Artinya, menjelang tahun baru mendatang  ruas jalan yang tersebar di wilayah Kota Batu, kondisinya sudah mantab dan nyaman bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Wisata Batu,” tegasnya. (gus)