Polres Batu Rayakan HUT Bhayangkara Serentak Secara Live Streaming

1 July 2020 - 14:58 WIB
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama usai upacara HUT Bhayangkara

BATU (SurabayaPost.id) – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke – 74 di Polres Batu benar-benar meriah. Acara yang dihelat di Ruang Rupatama Mapolres Batu, Rabu (1/7/2020) itu juga tak seperti biasanya.

Itu mengingat, HUT Korps Polri kali ini selain prosesi tasyakurannya dikemas sederhana, dilalukan melalui live streaming. Hal itu terpusat dari gedung Bareskrim Mabes Polri yang dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Menurut Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama SIK MIK, prosesi giat kali ini memang beda. Pucuk pimpinan Polres Batu yang sapaan akrabnya Harvi ini menegaskan bahwa puncak HUT Bhayangkara 2020 sangat berbeda dari tahun – tahun sebelumnya karena pelaksanaannya sedang di masa pandemi.

“Terimakasih kepada kawan – kawan media yang selama ini terus memberikan dukungan dan sport serta kerjasamanya kepada Polres Batu.Ini menjadi suatu kerjasama yang sangat sinergi untuk bersama – sama memelihara situasi dan kondisi di wilayah Batu tetap kondusif,” katanya.

Forpimda Kota Batu pose bersama usai upacara HUT Bhayangkara ke 74

Selanjutnya kata dia, apa yang sudah dilaksanakan bersama upacara Peringatan Bhayangkara ke – 74 yang dilanjutkan dengan kegiatan tasyakuran pada puncak HUT Bhayangkara 2020 ini.

“Prosesi upacaranya dilaksanakan secara terbatas hanya diikuti oleh Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) inti termasuk beberapa Komandan Kesatuan yang ada di Kota Batu yang dilaksanakan secara vertikal di di ruang rupatama Polres Batu ini secara serentak seluruh Indonesia. Itu dipusatkan di Istana Negara Jakarta dengan Hirup Bapak Presiden RI, Jako Widodo,” ungkapnya.

Itu, ungkap dia diikuti dari seluruh Polda dan Polres. Mereka mengikuti secara virtual pelaksanaan upacaranya. Kemudian lanjut dia, dilakukan dengan tasyakuran di masing – masing Polres.

“Alhamdulillah hingga saat ini sinergi yang telah terbangun antara Polres dan rekan- rekan TNI dan Pemkot Kota Batu serta seluruh elemen masyarakat termasuk kawan – kawan media sudah berjalan dengan sangat baik,” puji Harvi.

Meski begitu, perwira berpangkat melati dua di pundaknya ini berharap sinergi yang sangat baik tersebut bisa diperbuat serta diperkokoh lagi. Sehingga situasi kamtibmas di Kota Batu tetap kondusif. Itu tercermin dengan berjalannya berbagai rangkaian giat yang sudah dilakukan.

“Termasuk bakti sosial (Bansos) yang paling utama disaat situasi pandemi ini yang sudah kita salurkan kepada masyarakat batu melalui bantuan secara bertahap.Itu berupa sembako sejumlah 20 ton atau sejumlah 2000 Kg , yang dilengkapi dengan lainnya,”terangnya.

Dan tu,terang dia, sudah dilakukan kepada masyarakat yang terdampak pandemi, disebutkan dia, mulai dari para buruh yang dirumahkan dan kaum dhuafa dan anak yatim piatu,orang jompo, ojek online , ojek pangkalan serta beberapa lainnya.

“Dari sisi lain juga melakukan donor darah untuk membantu PMI yang barangkali diera pandemi ini sedikit kesulitan stok darah.Itu sudah kita laksanakan termasuk pembagian masker dalam rangka Kota Batu bermasker, Kota Batu sehat. Maskermu untuk kesehatanku dan maskerku untuk kesehatanmu sejumlah 5000 pcs masker yang sudah kita bagikan,” jelasnya.

Dengan adanya pembagian masker itu, lanjut dia,setidaknya bisa membiasakan masyarakat disiplin dalam menjalankan aktivitasnya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Terutama masker dengan situasi seperti ini tidak boleh lepas dalam beraktivitas apapun.Karena itu melindungi dirinya dan lingkungan dari ancaman wabah covid – 19,’ pesannya. Selanjutnya, menurut dia, terkait kampung tangguh dan pemberian SIM gratis kepada sejumlah 20 orang menurutnya hari ini hanya diikuti sejumlah 10 orang.

“Hari ini kita serahkan SIM secara simbolis kepada sejumkah tiga orang.Selain itu juga melakukan pemberian penghargaan pada kampung tangguh mulai dari juara satu sampai juara empat,” tegasnya.

Itu tegas dia, karena Wilayah Hukum di Polres Batu juga meliputi tiga Kecamatan dari Wilayah Kabupaten Malang, yakni Kecamatan Pujon, Ngantang dan Kecamatan Kasembon.

“Jadi, yang meraih juara 1 untuk Kampung Tangguh dari Desa Pujon Kidul, Kecamatan Ngantan dan juara 2 Dari Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, kemudian pada Juara 3 Dari Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, dan juara 4 dari Desa Bayem, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang,” timpalnya.

Itu semua, kata dia, nantinya bakal diikutkan kompetisi Kampung Tangguh dalam rangka Kemerdekaan Republik Indonesia yang memperebutkan hadiah bergengsi dari Gubernur, Pangdam dan Polda Jawa Timur.

Sementara itu, Walikota Batu Dewanti Rumpoko berharap HUT Bhayangkara ke – 74 dengan bertambah usianya juga bertambah jaya dan bertambah punya manfaat untuk masyarakat.

“Upacara memperingati HUT Bhayangkara ini adalah pengalaman yang pertama. Yang luar biasa karena kita langsung mengikuti acara dari Istana Negara melalui live streaming dari seluruh Indonesia. Isinya dari Sabang sampai Meraoke ikut bersama dalam satu panduan acara,” katanya.

Dengan itu, kata dia, mudah – mudahan apa yang disampaikan oleh Pak Presiden RI bahwa Polri harus mengayomi dan melakukan hal – hal untuk pengamanan itu jadi lebih baik kedepannya.

“Pemerintah Kota Batu harus bersinergi termasuk bersamqa TNI, Polri terutama dalam menangani Covid-19 yang sudah kita lakukan. Kedepannya terus kita lakukan bahkan bisa lebih baik lagi,” pungkasnya. (Gus)