Samba Merdeka IBU Patuhi Anjuran Mendikbud

11 August 2020 - 21:17 WIB
Samba Merdeka yang digelar IKIP. Budi Utomo (IBU) Malang di Kampus C, Jl Citandui 46, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur

MALANG (SurabayaPost.id) – Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo (IBU) Malang menggelar kegiatan Sambut Mahasiswa Baru (SAMBA) tahun akademik 2020/2021. Kegiatan Samba Merdeka 2, 3 dan 4 tersebut digelar di Kampus C, Jalan Cintandui, no.46, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (11/8/2020).

Dalam kegiatan yang mengambil tema ‘Samba Merdeka’ ini, IBU Malang menggelar dengan protokol kesehatan Covid-19. Para mahasiswa baru (Maba) diwajibkan mengikuti rapid test dan memiliki surat keterangan kesehatan.

Rektor IBU, Dr H Nurcholis Sunuyeko dalam sambutan tertulis mengatakan bila dalam penerimaan Maba ini berlangsung karena pembelajaran tidak boleh berhenti belajar. Sehingga diadakan penyambutan episode Samba Merdeka.

Rektor IBU Malang Dr Nurcholis Sunuyeko

“Itu untuk mematuhi anjuran Mendikbud soal merdeka belajar. Makanya, kami ucapkan selamat datang di kampus IKIP Budi Utomo (IBU) dan selamat bergabung bersama kami sebagai warga IBU. Kali ini diadakan bertepatan dengan menyambut Kemerdekaan RI,” ujarnya.

Dalam kegiatan Samba Merdeka ini, lanjut Nurcholish, tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19. Salah satunya memperhatikan jumlah peserta yang hadir.

“Dalam kegiatan Samba Merdeka ini yang mengikuti dibatasi. Ada sebanyak 150 orang dari episode 2, 3, dan 4. Mereka dibagi dua bagian, yaitu 50 offline (tatap muka) dan 100 online melalui YouTube,” jelasnya.

Dengan begitu, tambah Nurcholis, diharapkan para maba ini dapat merdeka dalam belajar untuk menyongsong generasi berbudi utama.

“Samba Merdeka ini diwarnai dengan acara bincang-bincang alumni yang diisi oleh bintang tamu alumni terbaik yang telah bekerja di berbagai bidang,” jelas dia.

Harapannya, lanjut dia, agar dapat menambah motivasi dan pengalaman baru bagi peserta Samba Merdeka yang notabene masih baru dengan dunia kampus. “Karena itu untuk yang belum daftar silahkan segera daftar ulang agar bisa menghadiri Samba Merdeka di episode berikutnya,” pungkasnya. (Lil)