Segera Beroperasi, Wawali Bersama Kapolres Tinjau SOP JTP Grup

25 June 2020 - 12:15 WIB
Wawali Punjul Santoso dan Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat meninjau kesiapan JTP beroperasi lagi.

BATU (SurabayaPost.id) – Wakil Walikota Batu Punjul Santoso bersama Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama SIK MIK dan beberapa pejabat lainnya meninjau langsung kesiapan rencana dibukanya beberapa destinasi wisata Jatim Park (JTP) Grup, Rabu ( 24/6/2020). Mereka meninjau SOP JTP Grup yang segera beroperasi.

Saat itu, Punjul mengaku tengah mewakili Walikota selaku ketua gugus tugas untuk melakukan koordinasi dan peninjauan ke Jatim Park (JTP) 2 dan Eco Green yang satu minggu kemarin sudah menyampaikan surat kepada gugus tugas.

Peninjauan itu menurut Punjul untuk melihat kira -kira kesiapannya sesuai dengan keputusan Walikota apa tidak. “Alhamdulillah hari ini kita hadir bersama Kapolres Batu yang mewakili dan yang mewakili Pak Komandan Kodim, Pak Pabung,” katanya.

Kemudian kata dia, ada pula l Sekda dan seluruh teman – teman dari gugus tugas melihat secara langsung. Tujuannya supaya jangan sampai begitu tempat wisata dibuka SOP physical distancing tidak sesuai yang dipersyaratkan.

“Dan alhamdulillah owner dan petugasnya sudah disampaikan bahwa mulai masuknya harus mengisi biodata, dan yang grup bisa disampaikan by email,” paparnya.

Sedangkan papar dia, yang langsung datang dengan rombongan 1 mobil atau 2 mobil itu, menurutnya harus dijaga jaraknya.

“Tadi kita sarankan kalau pengunjung sudah hadir semua tidak memungkinkan tempatnya kan sangat kecil. Akhirnya dikasih berapa orang dan beli berapa tiket diberikan salah satu kepala keluarganya untuk diisi di dalam mobil atau diluar. Harapannya agar tidak terjadi penumpukan ,” ujarnya.

Selanjutnya ujar dia, yang untuk di sekretariat covid, menurutnya untuk yang sakit, yang suhu tubuhnya diatas 37, menurut Punjul sudah disiapkan untuk istirahat serta diisolasi.

“Mudah – mudahan dengan ini dari timnya Pak Imam Suryono akan datang bersama untuk edukasi kira – kira bagaimana secara teknisnya rencana pada 27 Juni 2020,” terangnya.

Lantas, menurut dia, secara umum sudah tidak ada masalah.Meski begitu menurut dia, hanya secara teknis ada hal – hal kecil yang sudah ada.Di contohnya,seperti pada saat mau masuk di JTP 2,menurutnya sabun nya sulit karena baru.

Sementara itu, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama SIK MIK mengatakan langsung melakukan peninjauan di empat wahana JTP. Di antaranya area Secret Zoo, Eco Green Park, Hotel Pohon Inn dan Museum Satwa.

“Rencana dari JTP akan melakukan reopening pada tanggal 27 Juni. Oleh karena itu sesuai dengan aturan yang digariskan maka pihak JTP sudah menyurat pada tim gugus tugas untuk melakukan re opening,” katanya.

Dan itu, kata dia, merupakan tahapan yang dilewati sebagai salah satu sertifikasi sebagaimana petunjuk dari Polda Jatim dan Pangdam Brawijaya serta Gubernur Jatim.

“Bahwa tempat-tempat yang akan dilakukan pembukaan kembali akan dilakukan verifikasi oleh tim gugus tugas. Kalau sudah akan diberikan surat rekomendasi jika memang sudah sesuai. Secara umum dari JTP sudah cukup siap karena ada pengukur panas suhu infra red seperti di bandara dan kami anggap lebih bagus daripada thermal gun yang mengharuskan mengantri,” jelas Harvi.

Kemudian jelas dia, secara keseluruhan akan menurunkan sejumlah 100 personil dari Polres Kota Batu dan untuk tempat JTP sendiri akan ada sejumlah 12 personel pada re opening nanti.

“Akan ditempatkan di bagian pintu masuk dan mobiling untuk mengingatkan yang maskernya dilepas atau mengingatkan untuk physical distancing.Sedangkan untuk jam masuk dari set 9 sampai 4 sore dan berdasarkan aturan dari perwali jadi dibuka lebih pagi,” timpalnya (Gus)