Warga Masjid Babul Hidayah Bangun Kerukunan dan Kekompakan Lewat Qurban

1 August 2020 - 12:43 WIB
Prosesi penyembelihan hewan qurban jamaah Masjid Babul Hidayah, RT 11 RW 04, Tanjungrejo, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur

MALANG (SurabayaPost.id) – Hari Raya Idul Adha tak hanya mengasah jiwa berkorban dan meningkatkan keikhlasan. Namun, juga bisa membangun kerukunan dan kekompakan lewat qurban.

Kondisi semacam itu terlihat pada warga di sekitar Masjid Babul Hidayah RT 14 RW 04, Tanjungrejo, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur. Mereka melakukan pemotongan hewan qurban dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H dengan guyub dan rukun, Sabtu (1/8/2020).

Pantauan Surabayapost.id di lapangan, sebanyak 2 ekor sapi dan 4 kambing dari jamaah masjid setempat, dipotong untuk qurban. Pemotongan hewan qurban itu dilaksanakan di jalan IR. Rais Gg 14 tepatnya di halaman samping masjid Babul Hidayah.

Prosesi penyembelihan hewan qurban jamaah Masjid Babul Hidayah, RT 11 RW 04, Tanjungrejo, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur

Daging hewan-hewan qurban tersebut dibagikan kepada warga sekitar masjid. Di antaranya, warga RT 1 RT 10, RT 11 dan RT 14 RW 04 serta warga RT 11 RW 06 Kelurahan Tanjungrejo. Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan dua hari.

Ketua panitia pelaksana qurban, Darul Qotmi menjelaskan, kegiatan yang digelar rutin setiap tahunnya itu mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini, kata dia, panitia menyembelih hewan qurban sebanyak 2 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

“Alhamdulillah tahun ini jumlah hewan qurban yang kami terima mengalami peningkatan. Kalau tahun sebelumnya hanya 1 ekor sapi dan 6 ekor kambing, namun tahun ini sebanyak 2 ekor sapi dan 4 ekor kambing,” tuturnya.

Daging hewan kurban dipotong-potong untuk dibagikan kepada warga.

Dikatakannya, hewan qurban tersebut berasal dari jamaah perorangan dan ada pula gabungan beberapa jamaah. Seperti, hewan qurban 2 ekor sapi, itu merupakan hewan qurban dari 14 orang jamaah.

“Setelah hewan qurban disembelih, kemudian dipotong potong dan jumlahnya 350 kantung dibagikan kepada warga yang berhak menerima daging qurban tersebut,” bebernya.

Menurut dia, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan selama dua hari. Hal itu kata dia, disebabkan pelaksanaan sholat Idul Adha hari Jumat.

H. Darul Qotmi, ketua panitia penyembelihan hewan qurban saat memberikan keterangan kepada awak media

“Jadi, usai sholat Ied kemarin, panitia melaksanakan penyembelihan empat ekor kambing. Sedangkan dua ekor sapi dilaksanakan hari ini,” terang dia.

Ketika disinggung masa pandemi covid – 19 ini, Darul pun mengaku bahwa sebelumnya panitia sudah melakukan himbauan kepada warga agar tidak melihat pelaksanaan penyembelihan.

“Alhamdulillah warga tidak datang untuk melihat penyembelihan. Sebelumnya memang telah kami himbau agar warga tetap berada dirumah saja. Cukup kami selaku panitia qurban yang bekerja,” pungkasya. (Lil)