HPSN yang Digagas DLH Kota Batu Benar-benar Meriah

23 February 2020 - 16:11 WIB
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Kapolres Batu Harviadhi Agung Prathama dan beberapa ASN di lingkup Pemkot Batu

BATU (surabayapost.id) – Puncak perayaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang digagas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu bersama Among Tani Foundation (ATF) benar-benar meriah. Sebab, perayaan yang dihadiri Wali Kota Dewanti di wilayah Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Minggu (23/2/2020) itu diikuti sekitar 2000 warga.

Yang menarik pesertanya juga ada yang dari luar daerah. Di antaranya Malang Raya, Kediri dan Blitar.

Dalam prosesi perayaan tersebut tak hanya jalan sehat. Namun juga ada penanda tangangan nota kesepakatan (MoU) antara Pemkot Batu dengan BPJS Kesehatan dan Polres Batu. Isinya terkait pembayaran BPJS dan pajak kendaraan dengan sampah daur ulang.

Selain itu, dilakukan penandatangan Perwali tentang kewajiban setiap warga Kota Batu untuk tanam satu bibit pohon ketika akan mengurus akta kelahiran.Serta launching program bangun 10 ribu biopori dan Pemberian penghargaan bagi pegiat lingkungan di Kota Batu.

Dikesempatan itu, Dewanti Rumpoko berharap agar rangkaian peringatan HPSN 2020 ini tidak hanya ceremonial belaka. ” Tapi bagaimana dengan adanya penandatangan MoU, Perwali, program baru, perlombaan, dan penghargaan yang berkaitan untuk pelestarian lingkungan dan mengubah sampah menjadi nilai ekonomis untuk bisa ditindaklanjuti oleh masyarakat,” kata Dewanti.

Khamim Tohari bersama warga

Selanjutnya, orang nomor satu di lingkungan Pemkot Batu ini menegaskan pada intinya Pemkot Batu bersama stakeholder membuat semua orang peduli dan sadar bahwa sampah memiliki manfaat.

“Dengan begitu cita-cita Kota Batu yang nyaman, indah, sejuk, bersih, dan aman bisa terwujud dengan komitmen bersama,” ungkapnya. Dengan begitu, kata dia, dengan berbagai kegiatan dan inovasi yang telah ada.

Wali Kota wanita yang pertama di Malang Raya ini mengajak masyarakat untuk memanfaatkan dengan maksimal. “Saya sangat berterima kasih kepada DLH yang memiliki banyak inovasi untuk melestarikan lingkungan dalam perayaan HPSN ini,” puji Dewanti.

Itu, menurut politisi dari partai PDIP ini, telah banyak kegiatan yang dilakukan Pemkot Batu dalam menjaga lingkungan agar tetap lestari. “Mulai dari penanaman 2000 bibit pohon hingga penanaman 7000 rumput vetiver di daerah rawan longsor yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Batu,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama SIK MSI mengaku sangat mengapresiasi dalam kegiatan tersebut. Bahkan ia mengaku sangat mendukung inovasi yang ditandatangani Pemkot Batu dengan Polres untuk pembayaran pajak kendaraan dengan sampah.

“Ini terobosan yang sangat luar biasa di Kota Batu. Karena hanya dengan sampah, masyarakat kedepannya bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan melalui mekanisme yang telah dibuat oleh DLH,” tandasnya.

Kemudian tandas dia, bahwa dukungannya terhadap semua kegiatan dan inovasi HPSN 2020.”Dengan berbagai kegiatan dan inovasi tersebut mengajak masyarakat untuk sadar hukum (taat pajak ) dan cinta lingkungan,” tegas Harvi.

Selanjutnya ditambah oleh anggota DPRD Batu, dari Ketua Fraksi partai PDIP Khamim Tohari pada saat menyemarakkan giat gerak jalan dengan beberapa rekan – rekan sejawatnya.

Menurut Khamim, gagasan DLH dan ATF, luar biasa. Meski begitu, Khamim berharap kedepannya bisa lebih sukses dan lebih meriah.

“Ya mudah – mudahan kedepannya acara ini bisa berkelanjutan dan pesertanya akan lebih membludak lagi. Tapi ini sudah cukup fantastis, sekitar 2000 an peserta yang andil menyemarakkan pada HPSN ini,” terangnya.

Karena, terang dia, dengan digelarnya event – event semacam ini, tentunya Kota Wisata Batu bakal bertambah terkenal lagi di berbagai penjuru belahan dunia.

“Apalagi dari pihak panitia penyelenggara telah mengemasnya dengan hadiah yang sangat menarik. Sejenis Mobil Ayla untuk juara pertama. Itulah sebagai pemantik semangat warga sebagai peserta. Mudah – mudahan kedepannya pesertanya bisa tembus mencapai puluhan ribu. Karena event ini yang perdana, jadi wajar kalau pesertanya hanya mencapai sekitar 2000 an orang,” timpalnya.

Sejadar diketahui,untuk jalan sehat berhadiah satu mobil Ayla. Yang beruntung saat diundi adalah Sunariah warga asal Jalan Rambutan No 9, Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu. Sunariah merupakan salah satu anggota bank sampah Lestari Songgoriti dengan 23 anggota dan baru satu tahun berdiri (Gus/adv)