Wali Kota Dewanti Berharap Lomba Hias Kampung Dua Kali Setahun

25 June 2019 - 16:24 WIB
Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko dalam acara penganugerahan hadiah lomba hias kampung di Kota Batu.
Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko dalam acara penganugerahan hadiah lomba hias kampung di Kota Batu.

BATU (Surabayapost.id) – Acara malam penganugerahan hadiah  lomba kampung hias 2019 yang dihelat di Gedung Graha Pancasila Among Tani Pemkot Batu berlangsung meriah. Apalagi Senin  (24/6/2019) malam itu dihadiri Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko,

Dalam acara  tersebut hadir pula, Wakil Ketua DPRD Kota Batu Hari Danah W,  Sekretaris Daerah Kota Batu Drs ,Zadim Effisiensi, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono dan Kepala OPD Kota Batu. Selain itu serta Perwakilan Jatimpark Group bersama  Selecta, Dewan Juri, Kepala Desa dan Lurah se-Kota Batu serta perwakilan RW.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Batu Imam Suryono  menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak. Trrmasuk Camat, Lurah serta Kepala Desa dan perwakilan RW yang ikut menyemarakkan lomba hias kampung di Kota Batu ini.

“Kami menyadari bahwa lomba hias kampung ini memerlukan biaya. Sehingga tidak semua desa bisa ikut. Semoga di tahun depan nanti bisa dianggarkan di masing masing desa  lewat Alokasi Dana Desa (ADD) sehingga semua Desa/Kelurahan dan Kecamatan bisa ikut,” harap Imam Suryono.

Tak terkecuali, kata dia, dari lembaga swasta yang ada di Kota Batu. Dia menjelaskan bahwa dalam lomba hias kampung tersebut, Dinas Pariwisata Kota Batu menilai   tiga kategori.

“Lingkungan/pelestarian lingkungan, partisipasi masyarakat dan pelestarian budaya. Hal ini sesuai dengan sasaran Dinas Pariwisata Kota Batu,” tandas Imam Suryono.

Yang pertama, tandas dia, hal tersebut dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas dan daya tarik wisata. Lantas yang kedua kata dia, untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan kebudayaan daerah.

“Dan yang ketiga, kategori juga ada kategori kecamatan dan kelurahan dan masing masing ada juara 1, 2 dan 3 serta harapan 1, 2 dan 3. Jadi total ada 31 juara yang dianugerahkan kali ini,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko dalam sambutannya sangat mengapresiasi lomba tersebut. Terutama kepada Desa/Kelurahan yang sangat antusias menyambut lomba hias kampung.

“Karena ada beberapa hal yang positif yang sangat besar dari kegiatan ini. Itu adalah  munculnya rasa kegotong-royongan, keguyuban, kebersamaan dan silaturahmi yang menginginkan desanya bersih, bagus dan indah,” ungkapnya.

Untuk itu, kedepannya, Dewanti Rumpoko berharap lomba tersebut bisa dilaksanakan  setahun dua kali. Menurutnya pada waktu lebaran dan tahun baru. Itu dengan tema yang berbeda beda.

“Kami berharap kepada dinas pariwisata untuk lebih serius memprogramkan kegiatan ini. Sehingga ada kalender setiap tahunnya dengan tema yang berbeda beda, agar bisa menarik wisatawan untuk datang ke Kota Batu,” harapnya.

Dalam  acara tersebut, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba. Hadiah diserahkan  Wali Kota Batu kepada pemenang lomba hias kampung 2019. Untuk juara 1 kategori Pelestarian Budaya dan Pelestarian Lingkungan diraih oleh RW 7 dan RW 10 Desa Sumberejo.

Selain itu, Desa Sumberejo  juga meraih juara 1 kategori Desa/Kelurahan. Di mana penilaian dinilai dari tingkat partisipasi masyarakat satu desa.

Sementara kategori lainnya seperti RW dan Partisipasi Masyarakat, keduanya dimenangkan oleh RW 2 Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.

Dengan begitu, sementara secara keseluruhan, nama Kecamatan Junrejo muncul sebagai juara  kategori Kecamatan. Ada pula kategori tambahan dari panitia, yakni Kategori Penggerak Lingkungan Desa yang diraih oleh RW 12 Desa Pesanggrahan, Kategori Penggerak Lingkungan Kelurahan RW 11 Kelurahan Sisir dan  tiga kategori lainnya yakni Apresiatif, Inovatif, Inspiratif yang berturut-turut dimenangkan oleh Desa Sumberejo dan Desa Pandanrejo serta Desa Junrejo. (gus)