KONI Batu Asuransikan Para Atlet yang Masuk Puslatkot

8 September 2020 - 13:17 WIB
Ketum KONI Kota Batu Mahfud ,pada saat konfrensi pers di Kantor KONI Batu

BATU (SurabayaPost.id) – Kepedulian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu patut diapresiasi. Sebab, para atlet yang masuk pemusatan latihan tingkat kota (Puslatkot diasuransikan.

Makanya, meski di tengah pandemi Covid-19, KONI tetap semangat menggelorakan untuk semangat berolahraga. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum KONI Kota Batu, Mahfud, pada saat konferensi pers dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020, di Kantor KONI, Kota Batu, Selasa (8/9/2020).

Menurut Mahfud, meski berada di tengah Pandemi Covid-19, secara khusus KONI Kota Batu tetap bakal menggelar serangkaian kegiatan. Khususnya memperingati Haornas.

“Beragam rangkaian kegiatan yang bakal digebyar pada hari Rabu, 9 September 2020. Kegiatan jalan sehat yang diikuti pengurus cabang olahraga. Jalan sehat ini akan dilaksanakan sederhana dan menerapkan pembatasan jumlah peserta, jaga jarak dan melaksanakan protokol kesehatan,” katanya.

Selanjutnya, kata dia, di sepanjang perjalanan yang ditentukan, peserta jalan sehat akan membawa papan. Isi papan itu bertuliskan seruan moral untuk masyarakat agar tetap berolahraga.

“Supaya imunitas tubuh meningkat, dan sepanjang perjalanan peserta jalan sehat juga akan mengedukasi masyarakat sambil membagikan masker,” ungkapnya.

Setiba di Hutan Kota, menurutnya kegiatan tersebut, akan dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara KONI Kota Batu dengan BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu terkait asuransi untuk keselamatan atlet.

“KONI Kota Batu memberikan perhatian khusus untuk keselamatan atlet yang sedang mengikuti Puslatkot. Makanya kami memberikan asuransi kecelakaan buat mereka,” paparnya.

Menurut Mahfud ada 36 atlet yang diasuransikan. Dia berharap dengan asuransi tersebut para atlet yang masuk dalam Puslatkot ring 1 sudah tercover asuransi.

“Itu semua sebagai bentuk kepedulian kita terhadap keselamatan atlet. Kita berikan asuransi untuk atlet puslatkot. Hal ini juga merupakan realisasi dari amanat Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2019 lalu. Alhamdulillah bisa kita wujudkan saat ini,” ujarnya.

Yang perlu diketahui, rangkaian kegiatan KONI tersebut, selain untuk menyemarakkan Haornas, juga menggelar lomba lainnya. Di antaranya lomba foto dan video bertema Tetap Olahraga Memperkuat Imunitas Tubuh.

“Lomba untuk umum ini dilakukan untuk menggelorakan semangat berolahraga. Peringatan Haornas merupakan bentuk refleksi dari tema Haornas tahun ini, Sports Science, Sports Tourism dan Sports Industry,” terangnya.

Sports Science tersebut, menurutnya akan menjadi prioritas untuk mendampingi semua kegiatan olahraga. Baik itu olahraga masyarakat, olahraga pendidikan maupun olahraga prestasi.

“Begitu juga dengan Sports Tourism. Disamping kegiatan keolahragaan Indonesia, itu sekaligus mendorong potensi-potensi olahraga wisata di Kota Batu. Bahkan dengan semangat Sports Industry, saat ini olahraga dimanapun tidak mungkin terlepas dari industri olahraga. Pokoknya semua potensi kami bangkitkan,” pungkasnya (Gus)